Pecundangi Vietnam 2 - 1, Garuda Asia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16
selebrasi gol

NOBARTV NEWS – Tertinggal terlebih dahulu, Asia akhirnya berhasil melangkahkan kakinya ke babak semifinal Piala AFF U-16. Dua gol balasan dari Timnas Indonesia membuat anak asuh Bima Sakti itu meraih poin penuh sekaligus menyematkan diri sebagai juara A.

Dalam laga ini, Coach Bima menurunkan dua pemain Asia yang bersinar di laga sebelumnya. Hal itu terlihat dari starting eleven yang di mana, Arkhan Kaka dan pencetak hattrick ke gawang Singapura, turun sejak menit pertama. Rupanya, Bima tidak sekadar ingin bermain imbang dalam laga ini.

Di sisi lain yakni Timnas , sang pelatih tidak ingin sekadar bermain imbang untuk menempati posisi runner-up sembari berharap agar terpilih sebagai runner-up terbaik sepanjang turnamen di babak ini.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, kedua tim sama-sama bermain ngotot. Beberapa pelanggaran juga tercipta ketika babak pertama baru berjalan beberapa menit.

Pada menit kedua, Habil dilanggar oleh sang lawan. Begitupun pada menit ke-17, sang pencetak dwi gol ke gawang Filipina kemarin, Kafiatur Rizky juga mendapatkan pelanggaran.

Berita Terkait:  Indonesia vs Myanmar: Live Streaming & Prediksi Skor, Semifinal Piala AFF U-16 2022

Pelanggaran-pelanggaran tersebut berbanding banyak dengan serangan-serangan yang digencarkan oleh kedua kesebelasan.

Tegar, Hanif, dan Nabil, tiga pemain Garuda Asia ini bergiliran melepas tembakan ke gawang namun belum ada yang menemui titik sasaran.

Justru petaka dialami oleh anak asuh Bima Sakti lebih awal. Beberapa menit sebelum babak pertama berakhir, mendapatkan hadiah penalti setelah salah satu pemainnya terjatuh di kotak 12 pas. Dalam tayangan ulang, pemain tersebut tampak melakukan diving yang sayangnya gagal diamati oleh pengadil lapangan.

Babak pertama berakhir dengan skor 1 – 0.

Memasuki babak kedua, tuan rumah berusaha mencari gol penyeimbang. Usaha Garuda Asia akhirnya berbuah manis. Lewat serangan balik cepat, Arkhan Kaka mencetak gol penyeimbang lewat sundulannya setelah menerima umpan manja dari Tegar.

Pesta Garuda Asia tidak selesai sampai di situ. Beberapa menit usai gol Arkhan Kaka, mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan terobosan ciamik, Nabil sukses mengelabui sang kiper. Gol tersebut merupakan gol keempat Nabil sepanjang turnamen ini.

Berita Terkait:  3 Pemain Timnas U-19 yang Pernah Cicipi Kerasnya Liga Indonesia

Skor tidak berubah hingga pertandingan berakhir. Kemenangan 2 – 1 atas Vietnam membuat mengunci satu tiket otomatis ke babak semifinal Piala AFF U-16 sekaligus menjadikan mereka sebagai tim pertama yang lolos ke babak tersebut.