Papua Nugini Salip Indonesia di Peringkat FIFA
Starting eleven skuad Indonesia senior

NOBARTV NEWS – Gara-gara tak menjalani laga Matchday bulan ini, posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA rentan untuk digusur. Kemarin, Singapura yang notabenenya di bawah Indonesia (rangking FIFA) sukses menjungkalkan lawannya, Timnas Malaysia.

Berkat kemenangan tersebut, Singapura dipastikan menggusur Timnas Indonesia di posisi 160 rangking FIFA. Sebelumnya, Singapura hanya berada satu strip di bawahnya yakni 161.

Meski secara resmi FIFA belum mengupdate rangking FIFA terbaru, hampir dipastikan Singapura dan Indonesia bertukar posisi dari 160 ke 160, begitupun sebaliknya.

Namun, bukan hanya Singapura saja yang dipastikan menggeser Indonesia. Negara tetangga Indonesia, yakni Papua Nugini juga berpeluang untuk menyalip Timnas Indonesia di rangking FIFA.

Saat ini (rangking FIFA), Papua Nugini masih berada di posisi 165. Namun, kemarin ini, Papua Nugini meraih dua kali kemenangan dalam ajang Kualifikasi 2022.

Secara berurut-turut, Papua Nugini meraih kemenangan atas New Caledonia (1 – 0) pada 21 Maret kemarin kemudian menang atas (1 – 2) empat hari sesudahnya.

Untuk diketahui, dua tim yang dihadapi Papua Nugini tersebut berada di atas peringkatnya. Timnas Fiji berada di posisi 162 rangking FIFA sedangkan New Caledonia berada di peringkat 153.

Berkat dua kemenangan tersebut, Papua Nugini berhak naik 7 tingkat ke posisi 158, hasil tambahan dari 17,6 poin yang didapatkannya. Dan dua tim yang dikalahkan Papua Nugini dipastikan turun dari posisi sebelumnya.

Timnas Indonesia yang sebelumnya direncanakan akan berhadapan dengan tim berperingkat lebih baik dipastikan gagal – setelah Shin Tae-Yong memutuskan untuk membatalkan semua agenda FIFA Matchday bulan Maret ini.

Shin Tae-Yong tengah difokuskan mengasuh Timnas Indonesia dengan melakukan pemusatan latihan di Jakarta dan kini Selatan. Usai dari Korea, dkk dikabarkan akan mengikuti turnamen Piala di dan melakukan pemusatan latihan lagi di benua Eropa.

Semua hal ini didukung PSSI agar nanti, di 2023 Timnas Indonesia mampu berbicara banyak selagi bermain sebagai tuan rumah.