Operator Pastikan Jadwal Timnas dan Liga Indonesia Tak Berbenturan
Salah satu laga BRI yang tersaji musim lalu

NOBARTV NEWS – Berkaca pada kasus yang saat ini menimpa Malaysia, selaku operator membuat terobosan baru. Mereka (PT LIB) memastikan jadwal Liga Indonesia tidak akan bertabrakan dengan agenda di musim depan.

Saat ini, operator Liga Super Malaysia resmi mengubah beberapa jadwal. Hal ini disebabkan oleh beberapa klub enggan melepas pemainnya untuk bermain di SEA Games 2021. Sehingga, mau tak mau operator mengubah jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Namun, tidak semua laga ditunda. Hanya klub yang mengirimkan banyak pemain ke Timnas lah yang menerima penundaan jadwal. Dua klub prioritas yang akan diubah jadwalnya adalah Selangor FC dan Terengganu FC. Selain itu, pertandingan akan berlangsung seperti biasa.

Hal ini pula yang membuat PT LIB mengambil keputusan cepat. Di musim depan, agenda Timnas Indonesia dipastikan tidak akan berbenturan dengan jadwal Liga Indonesia. Sehingga klub tidak akan keberatan untuk melepas pemainnya ketika dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Pada tahun lalu, juga dengan Matchday sebelumnya, Timnas Indonesia banyak mengambil pemain inti di setiap klub – padahal, saat itu liga tengah berjalan. Dengan demikian, PT LIB memastikan hal itu tidak akan terulang lagi. Terlebih di waktu yang akan datang agenda Timnas sangatlah padat.

Mereka akan bertanding di 2023 dan juga Piala AFF 2021 di akhir tahun ini.

sudah menyerahkan kepada kami, nanti akan disesuaikan jadwal. Kami intinya jadwal Liga 1 jangan sampai bentrok dengan agenda timnas. Jangan sampai tabrakan dengan jadwal timnas,” ujar direktur utama PT LIB, Hadian Lukita.

“Tertunda seperti yang kemarin itu dampaknya begitu akhirnya ada kompromi klub dan timnas. Ada dampak ke penampilan klub di liga. Kami akan hitung betul. Ada kegiatan-kegiatan timnas biar klub jangan dirugikan,” tambahnya.

Untuk SEA Games kali ini, Timnas Indonesia diuntungkan dengan berakhirnya musim kompetisi Liga Indonesia. Sehingga Timnas Indonesia dan PSSI tidak kesulitan untuk memanggil para pemainnya.

Di SEA Games 2021 ini, Shin Tae-Yong telah memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang event dua tahunan itu. Dan kini, mereka tengah berlatih di Korea Selatan dan sudah melakoni dua laga ujicoba. Namun ada beberapa pemain yang belum bergabung disebabkan berbagai hal.

Pemusatan latihan ini adalah upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pesepakbola Timnas Indonesia. Sebab, untuk SEA Games 2021 ini, PSSI sudah menargetkan juara bagi Skuad Indonesia. Maka latihan keras dan uji coba melawan tim kuat adalah upaya untuk mencapai tujuan tersebut.