Meski Tak Maju sebagai Ketum PSSI Lagi, Iwan Bule Pastikan Program Naturalisasi Tetap Berjalan

Meski Tak Maju sebagai Ketum PSSI Lagi, Iwan Bule Pastikan Program Naturalisasi Tetap Berjalan

NOBARTV NEWS – Mochamad dipastikan tidak akan maju dalam KLB mendatang sebagai calon Ketum PSSI periode 2023-2027. Ia tak mencalonkan diri dan tidak bersedia untuk dicalonkan. Meski masa bakti menyisakan beberapa hari lagi, namun purnawirawan Polri bintang tiga itu memastikan proses naturalisasi yang dimulai pada eranya tetap berjalan meski ia sudah tak menjabat lagi.

Sebagaimana diketahui, di masa kepemimpinan , PSSI sangat mendukung proses naturalisasi pemain. Baru di masa lah beberapa Exco diutus ke berbagai negara hanya untuk mengamati dan menyaksikan langsung pemain keturunan. Diutusnya para Exco tersebut tak lepas dari perintah . Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu meminta mereka untuk mengamati sekaligus bernegosiasi dengan pemain bersangkutan terkait bersedia tidaknya untuk dinaturalisasi.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Tidak hanya dalam proses naturalisasi saja, Iwan Bule juga sangat memperhatikan kondisi . Ia kerap terlihat di berbagai kesempatan membersamai anak asuh Tae-yong itu. Bahkan, dalam satu lawatan Timnas Indonesia ke Kuala Lumpur dalam Piala AFF kemarin, Iwan turut serta membersamai mereka.

Berita Terkait:  Usai Rombak Skuadnya, Pelatih Vietnam Pede Bisa Sikat Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20

Intinya, tak satupun pimpinan PSSI sebelumnya yang bisa menyamai bagaimana cara Iriawan memimpin federasi ini. Dan perlu diketahui juga, di eranya lah, PSSI memilki eks pelatih tim nasional yang pernah menukangi sebuah negara di Piala Dunia. Tak lain tak bukan adalah Tae-yong seorang.

Namun sayang, Iriawan menyisakan beberapa agenda penting di PSSI. Hal itu dikarenakan ia tidak akan mencalonkan diri lagi dalam KLB Pebruari mendatang. satu agenda tersebut adalah ‘naturalisasi.’

Diketahui, di masa kepemimpinannya, Iriawan berhasil menaturalisasi tiga pemain. Mereka adalah Sandy Walsh, Amat, dan Shayne . Untuk nama terakhir, memang belum melakukan sumpah WNI. Namun proses naturalisasi sang pemain tinggal selangkah lagi sehingga bisa dipastikan prosesnya akan selesai sesegera mungkin.

Selain tiga nama tersebut, masih ada tiga nama lainnya yang tengah diurus PSSI. Ketiganya adalah pemain muda yang dipersiapkan PSSI untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Mereka adalah Ivar Jenner, , dan . Diperkirakan, proses naturalisasi ke-tiganya belum akan selesai hingga masa jabatan Iriawan berakhir.

Berita Terkait:  Ingin Saingi Indonesia, Timnas Malaysia Segera Rampungkan Proses Naturalisasi Sergio Aguero dan Lee Tuck

Kini, yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana nasib ketiga pemain muda tersebut? Apakah dengan berakhirnya masa jabatan Iriawan membuat proses naturalisasi mereka terhambat – atau bahkan dibatalkan?

Hingga pada akhirnya, Iriawan pun menjawab. Iriawan memastikan bahwa proses naturalisasi tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya. Berarti, siapapun Ketua Umum PSSI nanti, yang bersangkutan akan tetap menjalankan dan mendukung proses naturalisasi tersebut.

“Saya rasa tetap ya (program naturalisasi). Program sudah ada dan ada yang menangani juga itu,” terang Iriawan beberapa hari lalu.

“Tenaga, waktu, bahkan pikiran dan materi saya dedikasikan untuk sepak bola Indonesia,” tutupnya.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses