Memori Buruk Hantui Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Asia 2023
Laga antara Timnas beberapa waktu lalu

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia dibayangi oleh hasil buruk ketika menghadapi tim dari Asia Barat. Kala itu, Indonesia tergabung dengan Oman, Kuwait, dan Australia. Dalam 2011 tersebut, Timnas Indonesia hanya meraih 3 poin dari 6 kali pertandingan.

Kini, Timnas Indonesia merasakan hal yang serupa. Tergabung di Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia dihadapkan dengan dua tim asal Asia Barat yakni Kuwait dan . Sisanya, Indonesia akan berhadapan dengan Timnas .

Saat itu, tiga poin yang didapatkan Timnas Indonesia hanya mampu diraup dari tiga kali hasil imbang. Berarti, Indonesia tidak pernah mencicipi satu kali pun kemenangan alias di tiga laga sisanya, Indonesia selalu dikalahkan lawan-lawannya.

Di laga pertama menghadapi Oman, Garuda Indonesia hanya mampu meraih skor imbang 0 – 0.

Kemudian, di laga berikutnya, Timnas Indonesia harus mengakui kehebatan Kuwait meski sudah mencetak gol terlebih dahulu. Kini, Kuwait menjadi lawannya lagi. Bahkan, Kuwait akan bertindak sebagai tuan rumah grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Hasil buruk sepuluh tahun yang lalu akan selalu terkenang oleh rakyat Indonesia. Memori buruk tersebut datang sendirinya pasca AFC mengumumkan jika Indonesia kembali tergabung dengan tim yang berasal dari wilayah yang sama.

Timnas Indonesia harus rela berada di dasar klasemen Kualifikasi Piala Asia 2011. Sedangkan tetangga, Australia memuncaki klasemen disusul oleh Timnas Kuwait dan Oman.

Meski dihantui oleh hasil buruk tersebut, Timnas Indonesia harus tetap optimis mampu mendulang poin penuh di laga nanti.

Timnas Indonesia diisi oleh yang sudah lebih baik dari bertahun-tahun yang lalu. Lagipula, kini, Garuda Indonesia sudah ditangani oleh pelatih sekelas Shin Tae-Yong – pelatih yang pernah menangani Timnas Korea Selatan di event yang lebih besar yakni 2018.

Di babak grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti, Indonesia dijadwalkan akan berhadapan dengan Timnas Kuwait pada laga pembuka. Kemudian menghadapi tim kuat Yordania dan terakhir melawan Timnas Nepal.