Media Vietnam Sindir Target STY Bersama Indonesia di Piala Asia 2023
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Shin Tae-Yong memasang target tinggi di Piala tahun depan. Meski berstatus sebagai tim dengan peringkat terbawah (Indonesia) yang mengikuti Piala Asia, pelatih asal itu menjanjikan pertandingan menarik untuk suporter Timnas Indonesia.

Shin Tae-Yong boleh dibilang adalah juru selamat untuk Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, setelah belasan tahun lamanya, Indonesia akhirnya resmi menginjakkan kakinya di .

15 tahun adalah waktu yang dibutuhkan oleh Timnas Indonesia – dan waktu itu dibalas di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Shin Tae-Yong sesumbar bahwa timnya akan lebih kuat dari yang sekarang. Coach Shin bahkan menyebut anak asuhnya sudah tidak takut melawan tim manapun – termasuk tim Timur-Tengah yang selalu menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia.

Mengingat kembali beberapa waktu lalu, Indonesia untuk pertama kalinya – dalam kurun waktu puluhan tahun lamanya, berhasil mencetak rekor ketika melawan Timnas Kuwait. Dalam laga tersebut, anak asuh Shin Tae-Yong menang atas Kuwait 1 – 2. Yang lebih menakjubkan lagi, kemenangan tersebut diraih di kandang lawan.

Meski kalah atas Yordania di laga keduanya, namun Shin Tae-Yong membayarnya dengan kemenangan telak 7 – 0 atas Timnas Nepal.

“Para pemain menguasai taktik dengan cepat dan memiliki kesan yang baik bekerja sama dengan pelatih asal Korea. Saya pikir semua pelatih merencanakan jangka panjang dan melaksanakannya dengan sangat baik,” terang Shin.

Shin berjanji akan memberikan penampilan terbaik Timnas Indonesia di ajang Piala Asia nanti. Termasuk ketika melawan tim kuat seperti Vietnam.

“Saya akan membantu Indonesia memainkan pertandingan yang berkesan di Piala Asia 2023 jika harus bertemu Vietnam,” tambahnya.

Tidak terima dengan ucapan Shin, media asal Vietnam, merespon dengan sedikit sinis. Media tersebut tidak menerima ucapan Shin Tae-Yong. The Thao 247 mengungkit catatan Shin Tae-Yong setiap kali Timnas Indonesia berjumpa dengan Vietnam.

“Shin Tae-yong memang unggul head-to-head atas . Namun, semenjak keduanya bersaing di Asia Tenggara, hasilnya berbanding terbalik. Bahkan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong belum pernah membobol gawang Vietnam,” papar The Thao 247.

Terakhir, pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam tersaji di event SEA Games 2021. Itupun tim yang bermain bukanlah tim utama melainkan tim . Di laga tersebut, Timnas Indonesia takluk 3 – 0 dari Vietnam.

Menariknya, meski kalah dari Vietnam, berhasil keluar dari fase grup bahkan mengakhiri turnamen tersebut di peringkat ketiga. Sedangkan Vietnam merengkuh gelar mereka setelah menaklukkan Timnas Thailand di partai .