Media Vietnam Klarifikasi Absennya Indonesia di Turnamen Thanh Nien Cup 2022
Vs Indonesia di

NOBARTV NEWS – Timnas U-19, , Myanmar U-19, dan Thailand U-19 akan mengikuti turnamen mini yang akan diselenggarakan di Binh Doung, pada 5 – 10 Agustus 2022. Ajaibnya, tidak ada nama – yang notabenenya merupakan tim kuat di Tenggara.

Beberapa kalangan menyebut VFF kecewa karena aduan Indonesia kepada AFF terkait kontoversi dugaan sepak bola gajah yang dilakukan Timnas Vietnam dan Thailand di beberapa waktu lalu. Adapula yang mengkalim jika Vietnam sakit hati karena Indonesia berniat hengkang atau keluar dari AFF untuk bergabung dengan EAFF.

Namun, media asal Vietnam, The Thao membantah berbagai tersebut.

Turnamen yang diadakan oleh VFF ini sejatinya mengundang beberapa tim elit . Mereka adalah Timnas Jepang U-19 dan Arab Saudi U-19. Hanya saja, kedua tim tersebut diputuskan absen dari turnamen tersebut. Sehingga hanya menyisakan tuan rumah Vietnam dan Myanmar yang sedari awal sudah masuk dalam daftar peserta turnamen.

Berita Terkait:  SEA Games : Catat! Berikut Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam

Namun ternyata, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) dan Thailand berminat untuk gabung di turnamen ini – sehingga VFF mencabut undangan yang akan mereka kirim ke Arab Saudi dan Jepang. Dengan demikian, Malaysia, Myanmar, Vietnam, dan Thailand lah yang akhirnya resmi mengikuti turnamen yang diberi nama Thanh Nien Cup 2022 ini.

Jadi bisa disimpulkan bahwa PSSI bukannya tidak diajak namun PSSI memang tidak berniat untuk melihat U-19 tampil di ajang ini.

“Turnamen persahabatan ini digelar di Binh Doung pada 5-11 Agustus 2022. Sebelumnya, Jepang dan Arab Saudi akan tampil di turnamen ini. Namun, karena tujuan Kualifikasi Piala U-20 2023, Thailand dan Malaysia meminta kepada VFF untuk ikut berpartisipasi,” rilis media asal Vietnam, The Thao 247.

Tujuan utama turnamen ini diselenggarakan adalah sebagai persiapan jelang . Sebagaimana diketahui, tuan rumah Thanh Nien Cup 2022, Vietnam satu grup dengan Indonesia, Timor Leste, dan Hongkong. Dan seluruh pertandingan di grup tersebut akan dilangsungkan di Indonesia.

Berita Terkait:  Target Timnas Indonesia Tahun Ini : Salip Malaysia dengan Menghadapi Tiga Timnas Berbeda

Pertemuan Vietnam dan Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 nanti menjadi partai ulang untuk keduanya – karena di Piala AFF U-19 kemarin, keduanya pernah dipertemukan di matchday pertama grup A. Saat itu, Timnas Vietnam bermain imbang 0 – 0 dengan Indonesia. Bedanya, Vietnam berhasil lolos hingga babak semifinal (Piala AFF U-19) sedangkan Indonesia gugur karena finis di posisi ketiga.