Marc Klok Samakan Shin Tae-Yong dengan Pelatih Vietnam, Park Hang-Seo

NOBARTV NEWS – Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2021 menjadi momen yang sangat istimewa untuk sosok Marc Anthony Klok. Pasalnya, di turnamen ini, ia berkesempatan untuk membuktikan dirinya pantas tidaknya membela Indonesia .

Marc Klok menyingkirkan banyak pemain senior Indonesia yang sebetulnya layak untuk mewakili . Ia bersama dua pemain senior lainnya diikutsertakan oleh Shin Tae-Yong ke Vietnam. Dua pemain yang dimaksud adalah Ricky Kambuaya dan . Bersama Klok, ke-tiganya menjadi tiga pemain senior Indonesia yang diperbolehkan membela setiap tim cabang olahraga sepak bola putra.

Demi membela Timnas Indonesia, Marc Klok rela melepas kewarganegaraannya. Klok lahir dan besar di . Namun karena ia lama membela klub di Indonesia, terhitung sejak ia membela PSM Makassar, kemudian Persija Jakarta, dan kini Persib , maka ia mendapatkan hak istimewa untuk melakukan proses naturalisasi. Tanpa embel-embel ibu, ayah, atau kakek neneknya yang memiliki darah Indonesia.

Berkat Shin Tae-Yong, pemain ini mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia. Klok pun memiliki pandangan tersendiri kepada asal Korea Selatan itu. Menurut Klok, Shin Tae-Yong adalah sosok pelatih yang mudah emosi. Ia bahkan menyamakan sosok Shin Tae-Yong dengan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-Seo. Untuk diketahui, Park Hang-Seo juga berasal dari Korea Selatan. Park lebih lama membela Timnas Vietnam daripada Shin Tae-Yong membesut Garuda Indonesia.

“Menurut saya itu adalah gaya pelatih Korea. Mereka berekspektasi tinggi, selalu ingin memenuhi tujuan dengan cara terbaik,” ujar Marc Klok dilansir dari media asal Vietnam, Zingnews.

Namun menurut Klok, sifat yang dimiliki Shin Tae-Yong adalah sebuah kewajaran karena ia adalah seorang pelatih yang memiliki tuntutan dari banyak orang. Shin Tae-Yong dalam hal ini memikul beban ratusan juta rakyat Indonesia yang menginginkan Timnas Indonesia meraih juara.

“Dia orang baik dan pelatih yang berpengalaman. Dia juga membantu saya meningkatkan kekurangan agar lebih sempurna. Gaya kepelatihan dan filosofinya juga berbeda dari siapapun yang sudah saya kenal. Dia sangat kuat dan saya banyak belajar darinya,” tambah pemilik nomor punggung 23 Persib Bandung itu.

Hari ini, Klok dkk di Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timnas dalam babak semifinal SEA Games 2021. Klok memiliki tekad untuk membawa Timnas Indonesia U-23 meraih gelarnya – mengingat di turnamen sebelumnya, mereka (Timnas Indonesia U-23) hanya mampu menempati posisi runner-up di SEA Games 2019 di Filipina.