Mangkir dari Panggilan Timnas, STY Resmi Jatuhkan Sanksi untuk Rumakiek
Ramai Rumakiek

NOBARTV NEWS – Gara-gara mangkir dari panggilan , Ramai Rumakiek kini berhadapan dengan sanksi dari Shin Tae-Yong. Ia dipastikan dicoret dari untuk 2021 mendatang.

Padahal, pemain muda Jayapura itu sangat diharapkan oleh STY untuk membela Timnas U-23 di SEA Games kali ini. Shin Tae-Yong bahkan siap menampung Rumakiek jika sewaktu-waktu ia datang ke Korea Selatan meski telat dibandingkan kedatangan teman-temannya.

Sebelumnya, Rumakiek menjadi satu-satunya pemain yang tidak hadir di pemusatan latihan awal di . Hingga hari keberangkatan pada 15 April lalu, Rumakiek tidak memberikan kabar kepada PSSI terkait kedatangannya.

Rumakiek hanya beralasan jika ia sedang mengalami sakit saja. Namun, ketika Shin Tae-Yong memintanya untuk ke Jakarta dalam rangka pemulihan diri sekaligus mengurus visa dan paspornya, Rumakiek malah bungkam. Ia tidak mengiyakan, tidak juga bilang tidak.

Sikap Rumakiek ini disebut sebagai perbuatan indispliner. Ia terbukti dengan sengaja mangkir dari panggilan negara.

Dengan demikian, Shin Tae-Yong akhirnya mengambil langkah tegas. Ia resmi mencoret nama Rumakiek – bahkan jika ia ingin menyusul ke Korea Selatan.

“Ramai Rumakiek tidak bisa bermain di┬áSEA Games 2021,” terang Ramai Rumakiek.

“Kami sudah melayangkan surat pemanggilan, dia tidak respons sama sekali. Jadi, saya harus berikan sanksi kepada Ramai Rumakiek,” terangnya lagi.

Namun sikap Shin Tae-Yong kali ini masih terbilang lunak. Ia ‘hanya’ mencoret Rumakiek untuk event SEA Games ini saja. STY tidak seperti biasanya yang terkenal disiplin. Publik bahkan mengira asal Korea Selatan itu akan memblacklist Rumakiek selama ia menangani Timnas Indonesia.

Dengan demikian, hanya 25 nama yang kini berlatih bersama Shin Tae-Yong di Korea Selatan. 20 nama adalah pemain yang terbang dari Jakarta dan 5 di antaranya adalah pemain yang naik kelas ke Timnas U-23.

Lima pemain yang dimaksud adalah Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Cahya Supriadi, , dan .

Selama di Korea, skuad Timnas Indonesia U-23 akan menjalani dua laga uji coba. Sebelumnya, telah direncanakan Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tiga tim. Namun, dikarenakan satu tim belum memberikan konfirmasi, sehingga hanya dua tim yang telah dipastikan akan berhadapan dengan Marc Anthony Klok dkk.