Makin Panas, VFF Bantah Tuduhan PSSI Terkait Match Fixing Thailand Vs Vietnam

NOBARTV NEWS – Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) akhirnya merespon sepak bola ‘gajah’ yang dituduhkan kepada para pemainnya. Namun hingga saat ini, VFF mengaku belum menerima keputusan atau apapun yang terkait hal itu dari AFF.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Timnas Vietnam dan diduga sengaja bermain aman demi mengamankan tiket ke babak . Dalam laga pamungkas A Piala AFF , Vietnam dan bermain santai dan tak berani saling serang di 15 menit terakhir babak kedua. Saat itu, keduanya bermain imbang 1 – 1. Tidak saling serang masuk dalam pasal pelanggaran dan mencoreng asas ‘fair play’ itu sendiri. Kenapa? Sebab di dalam peraturan FIFA telah disebutkan bahwa pertandingan bertujuan untuk saling mengalahkan – bukan untuk bermain aman.

Sekjen VFF, Hoai Anh membela para skuadnya. Menurutnya, permainan anak asuh sudah bagus. Mereka telah memberikan penampilan maksimalnya dalam ajang tersebut. Ia mengkalim hal itu sebagai bagian dari taktik karena mereka akan memainkan pertandingan lainnya dalam waktu dekat.

Berita Terkait:  Pattynama Datang, Edo Febriansyah Terancam Dibuang dari Timnas Indonesia

Meski PSSI telah mengirim surat protes tersebut, namun Hoai Anh mengaku belum mendapatkan kabar apapun.

“Hingga saat ini, kami belum menerima informasi resmi tentang pengaduan terhadap pertandingan Vietnam lawan ,” ujar Hoai Anh dilansir dari VN.

“Vietnam sudah bermain bagus dan pantas memenangi tiket ke semifinal,” tambahnya.

PSSI sendiri tidak hanya mengirim aduan tersebut kepada AFF. Federasi sepakbola tertinggi di itu juga mengirim tembusan kepada Asosiasi Sepakbola () dan FIFA.

“Pasti tembusannya ada ke dan FIFA. Supaya FIFA mengetahui juga dengan ,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kemarin.

“Kami juga kirim bukti rekaman ke AFC, FIFA, dan AFF. Rekaman sudah kami sunting dan serahkan semua 2×45 menit. Juga yang 10 menit terakhir itu,” tambah pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Tidak hanya mengirim berkas lalu menunggu hasilnya, PSSI juga telah melakukan kontak langsung dengan Sekjen AFF dan AFC.

“Kami tadi menelepon Sekjen AFF dan Dato Winsor (Sekjen AFC). Saya sampaikan, surat ini tolong direspons oleh AFF,” tambah Iwan Bule.

Berita Terkait:  Prediksi Drawing Piala Asia Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah

Saat ini, PSSI tengah menantikan keputusan tersebut. Lebih lanjut, ia berharap agar aduan tersebut segera diproses.

“Kami berkomunikasi baik dengan mereka. Insyaallah surat protes ini akan segera ditindaklanjuti, tutup Iwan Bule.