Lumat Myanmar 5 - 1, Garuda Muda 'Tetap' Gagal Melaju ke Semi-final Piala AFF U-19
Rabbani Tasnim

NOBARTV NEWS – Sempat tertinggal terlebih dahulu, Garuda muda sukses comeback ketika melawan Timnas di laga pamungkas grup A. Bahkan, di babak pertama, Timnas U-19 cetak 4 gol lewat brace serta masing-masing satu gol dari Rabbani Tasnim dan Arkhan Fikri.

Dalam laga tersebut, Shin Tae-Yong menurunkan Hokky Caraka yang di laga sebelumnya (vs Filipina) tidak masuk starting line up. Hokky diduetkan dengan Rabbani Tasnim di lini depan. Begitu juga dengan bek andalannya, Kakang Rudianto. Kakang juga tidak masuk starting line up di laga melawan Filipina. Ia dipersiapkan untuk turun di laga terakhir melawan Myanmar. Di bawah mistar gawang, Cahya Supriadi belum tergantikan hingga matchday ke-lima ini.

Gol-gol yang dicetak Garuda muda di babak pertama sangat unik. Sisi unik yang dimaksud adalah dua gol yang dicetak oleh berasal dari skema dan proses yang mirip sekali. Bermula dari umpan tendangan bebas, sukses mencetak gol lewat sundulannya – dan itu terjadi juga di gol berikutnya.

Berita Terkait:  Media Malaysia Soroti Calon Pemain Naturalisasi Indonesia, Emil Audero

Gol Arkhan Fikri lebih menggila. Gelandang Garuda muda itu melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Sang kiper sempat menepis bola – yang sayangnya bola tepisan tersebut memantul masuk ke gawang sendiri.

Rabbani Tasnim yang sebelumnya cetak hat-trick ke gawang Filipina tak mau ketinggalan. Menerima sodoran bola dari lini tengah, penyerang muda Borneo FC itu menang adu sprint dengan lini belakang Timnas Myanmar. Setelah itu, ia melepas tembakan keras ke sudut kiri atas gawang kiper Myanmar.

Skor 4 – 1 berakhir hingga turun minum. Di pertandingan lainnya di grup A, dan Vietnam bermain imbang 0 – 0.

Lima menit babak kedua dimulai, Shin Tae-Yong melakukan tiga kali pergantian pemain. Alfriyanto Nico masuk menggantikan Ferdiansyah, Rabbani digantikan Kwateh, dan bek sayap kiri Tata keluar diganti oleh Edgard.

Sang pencetak gol, Muhammad Ferrari mendapat kartu kuning karena melakukan pelanggaran. Shin Tae-Yong segera mengganti Ferrari usai ia mendapatkan kartu kuning tersebut. Kadek Arel mengganti bek milik Jakarta itu pada menit ke-68.

Berita Terkait:  Profil Timnas India, Calon Lawan Timnas Indonesia dengan Full Skuad Lokal

Gol! Garuda muda kembali cetak gol kelimanya di menit ke-72 . Lewat skema serangan balik cepat, Kwateh berhasil menceploskan gol keduanya sepanjang turnamen. Timnas U-19 unggul 5 – 1. Di pertandingan lainnya, untuk sementara, Timnas Thailand U-19 unggul 1 – 0 atas Vietnam.

Memasuki menit ke-78, di pertandingan lainnya, Vietnam berhasil menyamakan skor 1 – 1 dengan Thailand. Jika Vietnam dan Thailand bertahan dengan skor tersebut (1 – 1), kemenangan Timnas malam ini tidak ada gunanya sebab meski poin ke-tiganya sama, namun kalah head to head dari kedua tim tersebut.

Dan benar, dan Thailand bermain imbang 1 – 1 hingga akhir laga. Dengan hasil tersebut, Indonesia dipastikan gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.