Lolos ke Piala Asia, STY : Kami Akan Buktikan Seberapa Kuatnya Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong ketika berbincang dengan Indra Sjafri

NOBARTV NEWS – Setelah menunggu 15 tahun lamanya, akhirnya tampil di kompetisi tertinggi di benua Asia yakni . Kepastian itu didapatkan usai Marc Klok dkk mengandaskan 7 – 0 di laga terakhir A Kualifikasi .

tergabung dengan , Kuwait, dan Yordania. Marc Klok dkk sukses mengandaskan dua tim yang salah satu di antaranya adalah sang tuan rumah Kuwait dengan skor 2 – 1. hanya kalah satu kali dari Timnas Yordania dengan kekalahan tipis 1 – 0. Berbekal dua kemenangan (6 poin) tersebut, akhirnya finis sebagai salah satu runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia tahun ini.

Usai dinyatakan lolos ke Piala Asia, nama Shin Tae-Yong bergema di media sosial. Ia adalah sosok kunci di balik kesuksesan Timnas Indonesia saat ini. Pelatih berkebangsaan Selatan itu membawa Indonesia kembali berlaga setelah belasan tahun lamanya absen di kompetisi tertinggi se-Asia itu.

Berita Terkait:  Sumbang 5 Pemain Untuk Timnas Indonesia U-23, Persija Bangga!

Dalam konferensi persnya usai menghantam Timnas Nepal, Shin Tae-Yong mengutarakan keyakinannya bahwa Timnas Indonesia akan lebih kuat di nanti.

“Saya tidak tahu kapan persisnya terakhir kali Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia,” ujar Shin Tae-Yong.

Tercatat, ada tiga edisi Piala Asia yang dilewatkan oleh Timnas Indonesia sejak tahun 2007 lalu.

Pertama Piala Asia 2011 di Qatar, Piala Asia 2015 di Australia, dan terakhir Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.

Shin Tae-Yong mengklaim Timnas Indonesia tengah mengalami perkembangan. Pelatih asal Selatan itu yakin Timnas Indonesia akan semakin maju dan terbang tinggi.

“Meski begitu, Timnas Indonesia akan berkembang lebih jauh dan lebih tinggi. Kami mencoba untuk menjadi tim yang lebih kuat. Ketika kami berlaga tahun depan, kami akan siap untuk menunjukkan seberapa kuat kami di turnamen,” tegas Shin Tae-Yong.

Kini, pekerjaan rumah untuk Shin Tae-Yong semakin banyak. Tahun depan, ia akan menangani dua Timnas kelompok umur. Pertama Piala Asia 2023 bersama Timnas senior dan kedua U-20 dengan Timnas Indonesia U-20.

Berita Terkait:  Arhan Belum Diturunkan, Tokyo Verdy Alami Kekalahan Perdana Musim Ini

Namun di tahun ini, beberapa agenda juga akan ditangani oleh Shin Tae-Yong. U-19 bulan Juli depan dan akhir tahun mendatang.

Semoga semua tim yang ditangani Shin Tae-Yong bersama Timnas Indonesia membuahkan hasil maksimal. Sehingga tidak menutup kemungkinan di tahun tahun mendatang, Timnas Indonesia tembus ke turnamen yang jauh lebih bergengsi dibanding Piala Asia yang akan diselenggarakan tahun depan.