Kupas Tuntas Kekuatan Timnas Yordania, Lawan Terkuat Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023
Elkan Bagoot mencoba untuk menghentikan pergerakan striker Singapura Ikhsan Fandi

NOBARTV NEWS dijadwalkan akan berhadapan dengan Indonesia pada 11 Juni mendatang dalam Kualifikasi Piala Asia 2023. Sejauh ini, Yordania menjadi tim yang paling diunggulkan keluar sebagai grup A. Selain Indonesia dan Yordania, Nepal dan Kuwait turut bersaing bersama mereka.

Meskipun lebih diunggulkan, bukan berarti tiga tim lainnya tidak akan memberikan perlawanan berarti kepada Yordania. Ketiga tim lainnya diyakini akan cukup menyulitkan skuad Yordania.

Indonesia sendiri bermodalkan kepercayaan diri penuh setelah tahun lalu finis sebagai runner-up . juga dimodali dengan kepercayaan diri yang tinggi berkat penampilan gemilangnya di dua laga FIFA Matchday kemarin.

Sedangkan Nepal, meski dipandang sebelah mata, pada kenyataannya Nepal adalah runner-up Piala SAFF 2021. Piala SAFF serupa dengan Piala AFF. Piala AFF adalah turnamen antar negara Asia regional Asia Tenggara, sedangkan Piala SAFF adalah turnamen antar negara Asia bagian selatan.

Kemudian, bagaimana dengan rekam jejak Yordania, tim yang digadang-gadang akan keluar sebagai juara grup A?

Saat ini, Yordania menempati peringkat 90 . Berbeda jauh dari tim-tim pesaingnya di grup A. Bahkan, tim terbaik setelah Yordania yakni Kuwait berjarak 53 tingkat di bawahnya.

Adapun penghuni skuad Yordania tersebar ke berbagai negara. Lebih dari setengah skuadnya berkarir di luar negeri. satu pemain Yordania, Mousa Al-Tamari tercatat sebagai pemain OH Leuven, salah satu kontestan di kasta tertinggi Liga Belgia.

Total nilai pasaran skuad Yordania mencapai angka 152,52 miliar rupiah.

Indonesia dan Yordania tercatat pernah bertemu sebanyak empat kali. Dari ke-empat laga tersebut, skuad tidak pernah mencicipi satu pun kemenangan. Timnas Indonesia selalu kalah ketika melawan tim asal Asia Barat tersebut.

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia melawan Yordania terjadi pada tahun 2019 lalu. Kala itu, Indonesia digasak Timnas Yordania 4 – 1 dalam . Indonesia hanya mampu mencetak satu golnya lewat kaki Alberto Goncalves.

Timnas Yordania memiliki modal mentereng sebelum babak Kualifikasi Piala Asia nanti.

Tercatat, dari lima laga terakhir yang dilakoninya, Timnas Yordania sukses mengemas dua kemenangan, dua kali imbang, dan satu kekalahan.

Dua kemenangan Timnas Yordania didapatkan dari laga persahabatan kontra Selandia Baru dan Kualifikasi Piala Dunia kontra Nepal. Di dua laga tersebut, Yordania sukses mencetak masing-masing tiga gol ke gawang lawannya.

Melihat hasil tersebut, Timnas Indonesia diprediksi akan mengalami kesulitan untuk membungkam Yordania. Namun, pertandingan belumlah selesai jika peluit akhir pertandingan belum dibunyikan. Semua bisa terjadi, termasuk Indonesia mengalahkan Yordania bukan lah sebuah kemustahilan.

Meski berat, semua bisa dilakukan jika Timnas Indonesia belum menyerah.

Berikut lima laga terakhir Timnas Yordania :

Yordania 1 – 1 Vietnam (Laga persahabatan, 01 Juni 2021)

Nepal 0 – 3 Yordania (Kualifikasi Piala Dunia, 08 Juni 2021)

Kuwait 0 – 0 Yordania (Kualifikasi Piala Dunia, 12 Juni 2021)

Australia 1 – 0 Yordania (Kualifikasi Piala Dunia, 16 Juni 2021)

Yordania 3 – 1 Selandia Baru (Laga persahabatan, 28 Januari )