Kocak! STY Tidak Tahu Pernah Duel dengan Bima Sakti di Piala Asia 1996
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Di Piala Asia 1996, pelatih saat ini, Shin Tae-Yong sempat membela ketika berjumpa dengan . Saat itu, Timnas Indonesia dan tergabung di grup A bersama Timnas dan Uni Emirat Arab.

Dalam laga kedua babak fase grup itu, menang dengan skor akhir 4 – 2. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong masuk sebagai pemain pengganti. Pada menit ke-33, pelatih memasukkan Shin untuk menggantikan Roh Sang-rae.

Sedangkan di sisi Timnas Indonesia, pelatih Timnas U-16 saat ini, Bima Sakti turun sejak menit pertama.

Namun, berselang waktu puluhan tahun lamanya, Shin Tae-Yong mengungkapkan fakta yang sebenarnya. Ia mengaku tidak tahu jika pada saat itu ia berhadapan dengan Bima Sakti – yang di mana, saat ini keduanya bahu membahu dalam melatih Timnas Indonesia.

“Coach Bima tak pernah bicara soal ini. Saya ingat melawan Timnas Indonesia tapi tak ingat pemain (Timnas Indonesia) siapa saja yang bermain. Ya baru tahu hari ini,” ujar Shin Tae-Yong sambil tertawa.

Berita Terkait:  Comeback Sensasional Tentukan Timnas Indonesia Juara Piala AFF

Wajar bagi Shin Tae-Yong tidak mengetahui hal itu. Sebab sebelumnya ia pernah melawan Timnas Indonesia dalam laga lain, yaitu di laga persahabatan pada tahun 1991. Bahkan pada saat itu (laga persahabatan), Shin Tae-Yong mencetak gol ke gawang Indonesia.

Sehingga ia tidak tahu persis kapan ia berhadapan dengan Bima Sakti.

“Saya sangat ingat, memang kami tim Olimpiade main di Masan Stadium, Korea, menghadapi Timnas Indonesia. Saat itu uji coba pertama buat Korea,” tambah Shin Tae-Yong.

“Saat itu kami menggunakan 3 bek untuk pertama kalinya. Kebetulan saya main sebagai wing back dan mencetak dua gol, saya masih ingat betul,” tutupnya.

Selama melatih Indonesia, Shin Tae-Yong telah memberikan beberapa pencapaian yang cukup baik.

Ia pernah mempersembahkan medali perunggu untuk Timnas dalam ajang SEA Games 2021. Selain itu, Shin Tae-Yong pernah membawa Timnas Indonesia hingga babak final Piala 2020. Setelah itu, membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 usai finis sebagai runner-up terbaik di babak Kualifikasi Piala Asia beberapa waktu lalu.

Berita Terkait:  25 Pemain Indonesia yang Diikuti STY di Instagram, Siapa Saja?

Kini, ujian baru tengah menanti Shin Tae-Yong. Ia diminta untuk membawa muda menjadi juara Piala .