Kisah Marc Klok, Gelandang Enerjik yang Rela Berbohong Demi Main di Indonesia

Kisah Marc Klok, Gelandang Enerjik yang Rela Berbohong Demi Main di Indonesia

NOBARTV NEWS – Ada kisah menarik dari Marc Anthony Klok sebelum memutuskan untuk menjadi WNI. Jadi, menjelang hijrah ke Makassar pada tahun 2017 lalu, Klok rela berbohong kepada klub Presiden demi bermain di .

Diketahui, karir awal sepak bola Klok pertama kali ia dapatkan di tim muda FC U-19. Beberapa waktu berselang, Klok dipromosikan ke tim U-21. Tak sempat membela tim senior, gelandang tengah yang kini membela Persib itu hijrah ke luar negeri untuk membela klub Skotlandia Ross County pada musim 2013-2014.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Di Skotlandia, Klok hanya sebentar. Ia lalu pergi meninggalkan Ross County pada musim 2014-2015 dan memilih untuk membela klub Bulgaria Cherno More. Hanya dua tahun di sana (Cherno More), pada tanggal 13 Juli 2016, Klok bergabung dengan klub Inggris Oldham Athletic.

Setahun di Oldham, Klok kembali ke Skotlandia guna membela Dundee FC. Di Dundee, Klok baru bermain sebanyak 2 kali sejak ia diresmikan pada 31 Januari 2017. Menariknya, belum satu tahun di Dundee, Klok muda merantau ke negara Asia yakni . Tepat pada 15 April 2017, pemain kelahiran Amsterdam 20 April 1993 itu itu mengikat kontrak bersama klub asal Sulawesi Makassar. Padahal, sang pemain saat itu masih terikat kontrak dengan Dundee FC.

Berita Terkait:  Kecoh Kiper & Cetak Gol, Witan Bawa Trencin Menang Besar di Piala Slovakia!

Nasib baik pun didapatkan Klok di klub berjuluk Juku Eja itu. Ia menjadi andalan bagi Makassar hingga pada akhirnya, di musim keduanya, Klok membawa menjadi juara Piala musim 2018-2019.

Lucunya, sebelum menginjakkan kaki di Indonesia untuk bermain di PSM, Klok sempat menelpon presiden klub Dundee FC. Sang pemain meminta untuk mengakhiri kontraknya dengan dalih tidak ingin bermain bola lagi dan memilih untuk mencari pekerjaan lain. Atas kesepakatan bersama, Klok dan Dundee akhirnya sepakat untuk mengakhiri kontrak yang seharusnya masih berjalan itu. Padahal pada kenyataannya, Klok sedang berbohong agar dirinya bisa bermain di Indonesia.

“Lalu saya bilang saya tidak ingin bermain sepakbola lagi dan mencari pekerjaan baru di . Dia bilang dia tidak bisa menghentikan saya dan kemudian membatalkan kontrak,” terang Klok.

“Kemudian saya pergi ke untuk mengambil barang-barang dan pergi ke Indonesia. Saya tidak menjawab telepon (bos),” ujarnya menambahkan.

Dan kini, lima tahun sudah sejak ia bermain di Indonesia, Klok memutuskan diri untuk berpindah kewarganegaraan. Setelah mengajukan diri di PSSI lalu diteruskan kepada pejabat yang berwenang, Klok akhirnya resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia.

Berita Terkait:  Elkan Baggott Cidera, Gillingham Dilibas Salford City 0-3, Batal Bela Indonesia?

Setelah resmi (menjadi WNI), ia langsung dipercaya untuk masuk ke Timnas Indonesia. Ia mendapatkan debutnya di timnas senior pada 1 Juni . Ia telah tampil sebanyak 9 kali dan sukses membubuhkan 4 gol. 2 dari 4 gol yang sudah dicetak Klok ia dapatkan tatkala skuad Garuda turun di Piala AFF yang kini masih berjalan.

Namun sayang, di even tersebut (Piala AFF ) Timnas Indonesia dipastikan gugur usai tumbang di babak atas Vietnam dengan skor agregat 2-0.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses