Kepada Media Korea Selatan, STY Tegaskan Target di SEA Games Mendatang
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Berstatus sebagai mantan pelatih Timnas Korea Selatan, wajar saja jika banyak media-media Korea berburu untuk mewawancarai pelatih Timnas , Shin Tae-Yong. Dalam salah satu sesi wawancaranya baru-baru ini, Shin Tae-Yong menegaskan bahwa menjuarai SEA Games adalah harga mutlak yang harus mereka (Timnas ) raih tahun ini.

Saat ini, Timnas Indonesia menjadi sorotan di Korea Selatan. Pasalnya, untuk dua kelompok umur (Timnas dan U-23) tim nasional, Shin Tae-Yong memilih untuk mengadakan pemusatan latihan di kelahirannya itu.

Timnas U-19 telah melaksanakan serangkaian uji coba dan saat ini mereka telah berada di kampung halaman masing-masing. Sedangkan untuk tim
nasional U-23, mereka baru saja menyelesaikan uji coba terakhirnya, hari ini menghadapi FC.

Dalam uji coba terakhir itu, Marc Klok dan kawan-kawan kalah tipis dengan skor akhir 3 – 2. Ini menjadi kekalahan keduanya setelah di pertandingan sebelumnya, mereka takluk dari 2 – 0.

Tujuan diadakannya pemusatan latihan kali ini adalah untuk menyambut event yang paling dekat yakni SEA Games 2021. Beberapa nama baru menghiasi skuad asuhan Shin Tae-yong itu. Beberapa di antaranya bahkan memiliki usia yang sangat muda yakni 19 tahun – bahkan di bawahnya.

Shin Tae-yong mengaku cukup puas dengan hasil pelatihan selama di Korea Selatan. Meski demikian, pelatih berusia 52 tahun itu tidak menutup mata jika beberapa kesalahan kerap kali dilakukan oleh anak asuhnya.

“Fakta bahwa tempo passing dan ritme permainan telah meningkat dan fakta bahwa para pemain muda telah menyadari bahwa bermain itu menyenangkan adalah hasil besar,” ujar Shin Tae-Yong kepada media Korea Selatan, donga.com.

“Tidak ada alasan untuk tak melakukannya. Mereka terus memberikan pesan harapan dan banyak memberikan pujian serta semangat. Silahkan saksikan tantangan Indonesia berkembang,” tambahnya.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di SEA Games 2021 bersama , Filipina, Timor Leste, dan Myanmar. Indonesia akan menjalani partai perdana di A menghadapi tuan rumah Vietnam – yang di mana pelatih Vietnam juga berasal dari Korea Selatan. Laga tersebut menjadi pembuktian untuk duo pelatih Negeri Ginseng itu.

Laga tersebut (Indonesia vs Vietnam) dipastikan akan berlangsung sengit. Pertemuan terakhir antara Vietnam dan Indonesia tersaji di Piala AFF tahun lalu. Meski pertahanan Indonesia digempur habis-habisan sepanjang laga, skuad asuhan Shin Tae-Yong itu mampu menahan serangan demi serangan anak asuh Park Hang-Seo tersebut.

Puja-puji disematkan kepada pelatih Shin Tae-Yong usai laga. Sebab, dengan kualitas pemain yang jauh berbeda, Indonesia mampu menahan tim yang bercokol di posisi 100 besar peringkat FIFA tersebut.

Semoga di event SEA Games 2021 ini, Timnas Indonesia mampu membuktikan diri. Dengan pemusatan latihan dan juga uji coba yang sudah dilaksanakan selama ini, maka sudah sewajarnya masyarakat Indonesia berharap lebih kepada Marc Klok dan kawan-kawan.