Kembali Dicadangkan, Inikah Alasan Pelatih Ansan Tidak Turunkan Asnawi Sejak Awal?
berpose di depan logo

NOBARTV NEWS – Ansan Greeners harus menerima hasil negatif tatkala melakoni laga tandang menghadapi Bucheon FC. Dalam laga yang berakhir dengan skor 2 – 1 itu, bintang , masuk ketika babak kedua menyisakan 14 menit di waktu normal.

Sebelumnya, Ansan Greeners hanya meraih hasil imbang ketika menjamu pada laga perdana K 2 League.

Dengan hasil ini, anak asuh hanya mampu mengemas 1 poin dan kini bertengger di posisi ke-5 klasemen sementara.

Untuk Asnawi sendiri, laga ini menjadi laga keduanya turun sebagai pemain pengganti. Waktu yang diberikan pada laga ini lebih banyak dari pertandingan sebelumnya. Di laga pertama (vs Busan IPark), Asnawi dimasukkan ketika babak kedua menyisakan waktu 1 menit. Lebih sedikit dari pertandingan yang ia lakoni kontra Bucheon FC.

Namun, alasan Ansan memasukkan Asnawi sebagai pemain pengganti pada laga sebelumnya cukup masuk akal. Kala itu, musim dingin sedang menyelimuti kota Ansan. Asnawi sendiri adalah pemain yang tidak terbiasa bertanding dengan iklim seperti itu. Sehingga ia (Pelatih Ansan) memutuskan untuk mencoret nama Asnawi dari daftar pemain yang akan diturunkan.

“Cuaca lebih dingin dari pada yang diperkirakan, sehingga variable tak terduga bisa saja terjadi, saya khawatir mengenai pemilihan Asnawi,” ujar Cho Min-guk waktu itu.

Untuk laga kedua ini (vs Bucheon FC) tidak ada alasan khusus kenapa Asnawi tidak dipasang sejak menit pertama. Cho Min-guk lebih mempercayakan posisi bek kanan kepada Kim Ye-seok.

Menariknya, ketika Asnawi Mangkualam dimasukkan, ia tidak mengganti posisi yang biasa ditempatinya. Asnawi justru masuk menggantikan striker Ansan, Kim Ryun-do.

Namun, tidak ada yang mengejutkan dari pergantian tersebut. Sebab, jauh hari sebelumnya, pelatih Ansan pernah berujar jika ia ingin mengubah posisi Asnawi. Ia ingin Asnawi tampil lebih ofensif.

“Secara pribadi, Asnawi terlihat seperti pemain yang memiliki spesialisasi di lini serang. Meski dia tidak jadi starter dia bisa jadi pemain penting,” ujar Cho Min-guk kala itu.

Sehingga, bisa saja pergantian tersebut menjadi bentuk penyesuaian diri untuk Asnawi dalam peran barunya. Dengan demikian, ia hanya diberikan waktu sedikit guna beradaptasi dengan posisi tersebut.

Adapun dalam laga yang berakhir 2 – 1 itu menjadikan tuan rumah (Bucheon FC) menempati posisi ke-2 klasemen sementara K 2 League.