Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday
Aksi versus di , Kamis Malam (27/01/2022)

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan telak atas Timnas Timor Leste dengan skor 4 – 1. Kemenangan Indonesia memantik sindiran dari media Vietnam, Thethao247. Media tersebut mengatakan Indonesia berhasil membalikkan keadaan atas tim terlemah di Asia Tenggara.

Jika kita berpikir jernih, apa yang dikatakan oleh media tersebut ada benarnya. Permainan Indonesia pada laga semalam memang tampil buruk meski mereka memenangkan laga dengan skor cukup telak. Jadi, wajar saja jika media tersebut memberikan kritiknya atas Indonesia.

“Timnas Indonesia mengembalikkan keadaan melawan tim terlemah diĀ Asia Tenggara. Timnas Indonesia sukses bangkit kembali saat mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1 di laga persahabatan.” Tulis media online tersebut.

Timnas Indonesia kerap kesulitan mengembangkan permainan pada babak pertama. Dua nama yang menjadi sorotan pada laga tersebut adalah Edo Febriansyah dan Dedik Setiawan. Keduanya dianggap biang keladi sulitnya tim Indonesia mengembangkan permainan. Apalagi Edo kerap memberikan kesempatan Timnas Timor Leste menusuk lewat sisi yang menjadi tanggung jawabnya.

Masuknya Pratama Arhan dan beberapa pemain lainnya pada babak kedua membuat Indonesia bisa sedikit leluasa dalam memporak porandakan pertahanan lawan. Alhasil, kontribusi pemain yang baru masuk membuat Indonesia berhasil membalikkan keadaan. Pratama Arhan dan Ricky Kambuaya masing-masing mengemas satu gol, sedangkan dua gol lainnya berasal dari gol bunuh diri.

Dua pemain muda 17 tahun Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh juga turut diturunkan. Masuk pada babak kedua, Ronaldo sukses memberikan assist untuk gol pertama Indonesia, Ricky Kambuaya.

Permainan Timnas Indonesia malam tadi harus dievaluasi. Sebab, kedua tim akan kembali bermain untuk kedua kalinya di tempat yang sama. Hasil dari pertandingan nanti akan terhitung dan tercatat di kalender resmi FIFA. Jika tidak ingin kecolongan, Shin Tae-Yong wajib berpikir keras agar kejadian yang sama tidak terulang lagi. Sedangkan Timor Leste dipilih untuk melawan Timnas Indonesia disebabkan mundurnya Timnas Bangladesh karena mereka (Timnas Bangladesh) memiliki pemain yang belum memiliki syarat untuk masuk ke negara kita.

Shin Tae-Yong turut mengomentari permainan anak asuhnya. Ia cukup kecewa dengan permainan semalam.

“Pertandingan kali ini sangat-sangat mengecewakan. Penampilan tim tidak memuaskan. Kami harus segera mengevaluasi diri agar berkembang lebih baik.” Ucapnya pasca pertandingan.