Kamboja Ubah Aturan Sepak Bola Putra di SEA Games 2023, Apa Itu?

Kamboja Ubah Aturan Sepak Bola Putra di SEA Games 2023, Apa Itu?

NOBARTV NEWS – Kamboja bakal menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga Asia Tenggara pada tahun ini. Even multi olahraga yang dikenal dengan nama itu akan dilangsungkan di Phnom Penh, Kamboja. Dikabarkan, Kamboja mengubah aturan untuk salah satu cabor olahraga yakni sepak bola putra. Apa itu?

Sebagaimana diketahui, tahun ini merupakan edisi ke-32 sejak pertama kali dilangsungkan pada tahun 1959 lalu. Saat itu (1959), Thailand menjadi tuan rumah pertama untuk even olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah adalah di edisi ke-26 pada tahun 2011 lalu. Lebih dari 10 tahun sudah Indonesia tidak pernah menjadi tuan rumah lagi.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Di 2023 ini, berbagai even dilombakan. Dari sepak bola, anggar, angkat besi, boli voli, dan lain sebagainya. Namun seperti yang sudah-sudah, sepak bola menjadi even yang paling menarik perhatian di setiap kali dilangsungkan.

Di SEA Games 2023 ini, tuan rumah Kamboja membuat sedikit perubahan. Perubahan tersebut bisa disebut sebagai keuntungan atau bahkan kerugian bagi Indonesia. Pasalnya, untuk cabang olahraga yang satu ini, Kamboja mengubah peraturan dalam hal umur maksimal bagi para peserta.

Berita Terkait:  Proses Naturalisasi Ivar Jenner cs Sudah Sampai Setneg

Peraturan tersebut adalah setiap tim wajib mendaftarkan pemain di bawah usia 22 tahun atau U-22. Patokannya adalah tim hanya boleh mendaftarkan pemain kelahiran 1 Januari 2001 atau sesudahnya. Meski demikian, setiap tim juga boleh mendaftarkan dua pemain usia di atasnya (senior).

Peraturan ini berubah dari edisi sebelumnya – yang di mana, di SEA Games 2021 kemarin, setiap tim boleh menggunakan pemain dengan batas usia 23 tahun dan 3 di antaranya merupakan pemain senior.

Peraturan ini tentu membuat pelatih Indonesia di SEA Games nanti yakni Indra Sjafri harus memutar otaknya. Sebab ia hanya diperbolehkan mendaftarkan pemain usia di bawah itu. Serta harus memilih dua pemain kunci yang tentunya akan dipilih dari pemain senior.

Di SEA Games edisi sebelumnya, Indonesia mendaftarkan tiga pemain senior yakni Ricky Kambuaya, Marc Anthony Klok, dan Fachruddin Aryanto. Di edisi tersebut pula, Indonesia meraih peringkat ketiga setelah takluk dari Thailand di babak – namun sukses menang atas di perebutan tempat ketiga.

Berita Terkait:  Tiba di Belanda, Hasani Dikaitkan dengan Pemain Muda Feyenoord Rotterdam

Melansir data transfermarkt, pemain yang kemungkinan besar bisa dipakai Indra Sjafri di SEA Games 2023 nanti adalah , , Sulaeman, hingga Ramadhan Sananta. Keempat pemain tersebut merupakan kelahiran 2001. Dengan demikian, mereka bisa masuk ke dalam pemain U-22.

Namun sayangnya, salah satu pemain yakni bisa dipastikan tidak bisa ikut. Karena di waktu yang berdekatan, Timnas Indonesia U-20 akan bermain di U-20 2023. Di even tersebut, tenaga jelas lebih dibutuhkan oleh Shin Tae-yong daripada harus bermain di SEA Games 2023.

Saksikan video gol hasil pertandingan liga dengan mengisi kotak pencarian berikut ( Sumber: Google ).

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses