Kalah Saing, Pelatih Ipswich Ingin Pinjamkan Elkan Baggott
Pemain Timnas dan juga Ipswich Town,

NOBARTV NEWS – Klub kasta ke-tiga Liga Inggris, Ipswich Town berencana untuk ‘menyekolahkan’ Baggott ke klub lain. Langkah ini diambil oleh pihak klub demi bermain reguler di klub yang dibelanya.

Bukan hanya Baggott, tapi banyak pemain muda yang ‘disekolahkan’ klubnya demi menambah jam terbang tinggi. Pemain Timnas , satunya.

Kubo saat ini tercatat sebagai pemain inti di utama Real Mallorca. Di usianya yang masih terbilang muda, Kubo sudah menembus kasta tertinggi . Ia selalu bermain reguler di klub yang berjuluk Los Bermellones itu.

Namun siapa sangka, kalau Kubo ternyata adalah salah satu dari skuad Real Madrid. Ia hanya dipinjamkan El Real sebelum ia benar-benar matang dan kembali ke klub ibu kota Spanyol itu.

Kubo resmi mendarat di Real Madrid pada tahun 2019. Namun dirinya lebih banyak dipinjamkan ke klub lain seperti Mallorca, Villareal, dan .

Langkah yang diambil Real Madrid bertujuan agar sang pemain mendapatkan jatah bermain yang lebih baik. Karena tidak mungkin baginya untuk mengisi skuad inti Real Madrid dengan pengalaman minim ditambah dengan persaingan antar pemain yang teramat ketat.

Hal itu pula yang saat ini ingin dilakukan oleh Ipswich Town. Ipswich tidak ingin Baggott hanya bertahan di Ipswich namun tidak mendapatkan jam terbang cukup karena ia (Ipswich) masih memiliki bek senior lainnya – yang tentunya cukup sulit untuk disingkirkan dari skuad utama.

Maka, daripada kehilangan bakat pemainnya, Elkan diminta untuk bermain ke klub lain agar ia tidak hilang dari skuad Ipswich di masa mendatang. Ia bisa dipanggil klub ketika masa peminjamannya berakhir. Klub tidak kehilangan dirinya, Elkan pun mendapatkan pengalaman bermain yang cukup.

selaku pelatih Ipswich ingin anak asuhnya itu meningkatkan level permainannya dengan bermain reguler ke klub lain. Meski ia hanya bermain di divisi yang lebih rendah. Asal pengalaman itu didapatkannya, maka bagi Kieran itu bukanlah sebuah masalah.

“Ini merupakan peluang yang bagus dan sesuatu yang telah kami bicarakan dengan Elkan secara pribadi,” ujar McKenna, kemarin.

“Itu (peminjaman) salah satu pilihan bagus untuk seorang bek muda. Menjalani satu musim penuh sebagai starter reguler dapat menjadi sebuah langkah besar dalam perkembangannya,” sambung McKenna.

Sebelumnya, Elkan sudah menjalani debutnya untuk tim senior Ipswich pada minggu lalu. Elkan menjadi pemain Indonesia pertama yang berlaga di sepak bola profesional Inggris. Dalam laga tersebut, pelatih memuji penampilan Elkan yang cukup tenang dalam menghadapi serangan lawan.

Bukan hanya di level klub, Elkan bahkan telah menjalani debutnya di Timnas Indonesia senior.

Semoga Elkan benar-benar dipinjamkan ke klub lain demi menambah jam terbangnya. Sebab, bukan klub saja yang akan merima buahnya kelak, Timnas Indonesia pun dipastikan akan mendapat keuntungan dari proses berkembangnya sang pemain.