Joseph Simatupang : Siap Bela Indonesia, Pernah Bobol Gawang Arsenal
Joseph Simatupang

NOBARTV NEWS keturunan Indonesia, Joseph Simatupang nyatakan diri siap untuk berseragam Merah-Putih. Pemain Blackburn Rovers ini bahkan sudah bertemu dengan Duta Besar Indonesia di Inggris.

Sebelumnya, ada dua pemain muda keturunan di yang juga nyatakan diri siap untuk membela Indonesia di tahun depan. Keduanya adalah Ivan Jenner dan Jim Croque. Kedua pemain tersebut berusia kurang dari 20 tahun. Sehingga, bisa dipastikan mereka bisa masuk skuad bersama Kwateh dkk.

Sedangkan untuk Joseph Simatupang, pemain muda yang tengah meniti karir di Inggris ini sudah diamati secara langsung oleh Shin Tae-Yong. Shin Tae-Yong bahkan kepincut dengan penampilan bek muda yang biasa berposisi sebagai bek kanan ini.

Bulan lalu, Joseph Simatupang mencetak satu gol ke gawang Arsenal U-23. Gol tersebut membuat dirinya dibicarakan banyak orang – termasuk di Indonesia.

Keinginan Joseph Simatupang untuk membela Timnas Indonesia diungkapkan oleh Hasani Abdulgani. Hasani adalah salah satu anggota Exco yang seringkali diutus PSSI untuk melobi dan bertemu dengan pemain naturalisasi.

Namun, mengingat umur Joseph saat ini sudah menginjak 20 tahun, Shin Tae-Yong menurut Hasani belum memutuskan di skuad mana ia akan meletakkannya.

Mengingat tahun depan ia akan berusia 21 tahun, sedangkan Piala Dunia tahun depan hanya untuk pemain berusia 20 tahun ke bawah, maka Shin Tae-Yong masih berpikir-pikir di mana ia akan menaruhnya. Bisa di tim senior, namun lebih masuk akal lagi di .

“Kami komunikasi juga dengan Dubes Inggris. Ferguson bersedia bela Timnas Indonesia, tetapi bingungnya dia mau didorong ke mana. Kalau Timnas U-20, tahun depan dia sudah umur 21. Kalau di senior, Shin akan lihat dulu apakah dia sudah oke,” jelas Hasani.

“Dia memang masuk radar Shin Tae-yong, tetapi Shin masih bingung mau menempatkan di Timnas mana,” tambahnya.

Terlepas dari hal tersebut (di mana Joseph akan ditempatkan), kita cukup gembira dengan kabar ini.

Semoga di masa-masa mendatang lebih banyak lagi pemain keturunan yang berhasrat untuk membela Timnas Indonesia. Demi meningkatkan rangking , juga demi menembus event yang lebih besar.