Jokowi Sudah Keluarkan Keppres, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Tinggal Selangkah Lagi!

Jokowi Sudah Keluarkan Keppres, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Tinggal Selangkah Lagi!

NOBARTV NEWS – Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Surat Keputusan (Keppres) terkait proses naturalisasi Shayne Pattynama. Dengan demikian, sang pemain tinggal menunggu selangkah lagi untuk resmi menjadi .

Sebagaimana diketahui, PSSI memang sudah dan sedang mengupayakan proses naturalisasi kepada tiga pemain keturunan yakni , Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Hanya saja, sampai saat ini, baru dua nama yang sudah resmi menjadi . Mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Bahkan, Jordi sudah pernah mencatatkan caps bersama Timnas di Piala AFF 2022. Amat telah turun di dua laga yakni ketika melawan di matchday pertama dan menghadapi di partai ketiga grup A.

Selanjutnya, Amat kemungkinan besar akan kembali diturunkan di laga melawan Vietnam dalam babak semifinal.

Adapun Sandy, meski ia sudah resmi menjadi , namun klubnya KV Mechelen tak memberikannya izin untuk membela Timnas . Dengan demikian, Sandy pun gagal debut di Piala AFF tahun ini.

Nah, proses naturalisasi Sandy dan Jordi saat itu selesai dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan Pattynama, karena berkas yang dikirimkan pemain yang bersangkutan tidak berbarengan, ia pun tak bisa menyelesaikan proses naturalisasi secepat Jordi dan Sandy.

Berita Terkait:  Pelatih PSM Bangga Dua Pemain Mudanya Tampil Cemerlang dalam TC Timnas U-20

Namun kabar baiknya, pada awal tahun 2023 ini, RI Zainudin Amali memastikan bahwa proses naturalisasi Shayne Pattynama tinggal selangkah lagi. Jadi, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Surat Keputusan (Keppres) atas nama Shayne Pattynama. Dengan demikian, Pattynama sudah disetujui (untuk dinaturalisasi) oleh orang nomor satu di itu. Kini, tinggal menunggu waktu untuk melakukan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM seperti yang sudah dilakukan Sandy dan Jordi sebelumnya.

“Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” terang Zainudin Amali, kemarin.

Usai melakukan sumpah tersebut, Pattynama tinggal menunggu waktu untuk perpindahan federasi dari ke PSSI. Setelah itu, ia resmi dan diperbolehkan untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Turnamen terdekat yang bisa diikuti Pattynama adalah .

Namun lebih dari itu, kehadiran Pattynama, Jordi, dan Sandy Walsh lebih ditujukan untuk 2023. Karena sebagaimana diketahui, akhirnya lolos ke putaran final 2023 setelah finis di peringkat kedua klasemen grup A .

Berita Terkait:  Presentase Kemenangan Lima Pelatih Asing Terakhir Timnas Indonesia, STY Masih yang Terbaik!

Saat itu, Timnas Indonesia berhasil menjadi salah satu runner-up terbaik dengan catatan 6 poin. dkk menang atas Kuwait 1-2 dan sukses melumat Nepal 7-0.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses