Jelang Piala AFF U-16, Begini Persiapan Terakhir Garuda Muda

NOBARTV NEWS – Jelang dihelatnya , sang pelatih Bima Sakti mengungkapkan kondisi terakhir anak asuhnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia U-16 akan bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang . U-16 sendiri tergabung di grup A bersama Vietnam, Filipina, dan .

Sama seperti pendahulunya (Timnas U-19 di Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu), skuad asuhan Bima Sakti juga dituntut untuk menjuarai turnamen ini. Faktor tuan rumah menjadi alasan PSSI memasang target setinggi mungkin untuk Garuda muda.

Jelang event tersebut, Bima Sakti membongkar kondisi terkini anak asuhnya. Pelatih yang pernah menjadi tulang punggung era 90-an itu menyebut anak asuhnya dalam kondisi yang sangat baik. Bima meminta para skuad Garuda muda untuk maksimalkan di semua laga. Ia juga meminta agar anak asuhnya tetap fokus demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

“Saya mau tim bermain menekan dan lebih ke depan. Kami harus memaksimalkan setiap laga yang semuanya tentu penting. Saya terus menekankan kepada pemain, mereka harus fokus dan berusaha memenangkan laga demi laga,” terang Bima Sakti.

Berita Terkait:  5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Indonesia 2 – 1 atas Vietnam: Pertahanan Garuda Paling Sulit untuk Ditembus

Lebih lanjut, Bima sangat bersyukur karena permainan anak asuhnya mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Taktik, teknik, dan disiplin skuad Garuda muda sudah berubah sejak mengikuti pemusatan latihan.

“Anak-anak sudah banyak berubah, mulai dari cara bermain, taktik, teknik, dan disiplinnya. Kerangka tim kami juga sudah terbentuk. Kami tinggal menunggu regulasi dari AFF mengenai berapa pemain yang bisa didaftarkan,” ujarnya menambahkan.

Dari 30 nama yang mengikuti pemusatan latihan, Bima menekankan bahwa semua pemain memiliki kesempatan yang sama untuk bermain – selama sang pemain memenuhi syarat dan kriteria untuk turun ke lapangan.

“Semua memiliki kesempatan yang sama untuk berlaga di turnamen,” tambah Bima.

Sejauh ini, skuad Garuda muda telah menjalani dua kali uji coba bersama tim lokal. Dua tim tersebut adalah tim Porda Sleman U-18 dan Porprov DIY U-20.

Dari kedua uji coba tersebut, menelan satu kali kekalahan dan satu kali meraih kemenangan. Ji Da-bin dkk menang atas Porda Sleman U-18 dengan skor 5 – 1 namun takluk dari Porprov DIY U-20 2 – 0.

“Dari dua kali laga uji coba, lawan kami memang memiliki selisih umur satu atau dua tahun di atas anak-anak. Pertama kami memang kalah, tapi saya senang anak-anak bisa bangkit dan memenangkan laga uji coba kedua dengan skor yang bagus,” terang Bima.

Berita Terkait:  Fakta Mengejutkan di Balik Kemenangan Indonesia atas Filipina : Penonton Sepi, Ketum PSSI Minta Evaluasi

Meski memuji peningkatan performa anak asuhnya, Bima juga mengakui jika beberapa kekurangan masih ada di skuad yang diasuhnya ini. Ia bertekad di sisa hari sebelum digelarnya itu, setiap kekurangan anak asuhnya sudah teratasi dengan baik.

“Ada beberapa kelemahan akan kami perbaiki dalam sisa persiapan pekan ini, baik untuk bertahan, menyerang, transisi menyerang dan bertahan, akan kami perbaiki lagi. Begitu pun dengan set-piece, baik saat menyerang maupun bertahan, akan kami benahi agar bisa lebih baik.”

“Saya berharap tim ini lebih siap dalam mengarungi turnamen Piala AFF U-16,” tutup Bima.

Jadwal Pertandingan U-16 di Piala AFF U-19 Indonesia

Dilansir dari bola.net, berikut jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16.

31 Juli 2022

Timnas Indonesia U-16 vs Filipina

Kick-off: 20.00 WIB

Stadion Maguwoharjo, Sleman

3 Agustus 2022

vs Timnas Indonesia U-16

Kick-off: 20.00 WIB

Stadion Maguwoharjo, Sleman

6 Agustus 2022

Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam

Kick-off: 20.00 WIB

Stadion Maguwoharjo, Sleman