Jelang AFF U-23, Timnas Malaysia Andalkan Pemain Liga Amerika
Wan Ahmad Kuzri, salah satu pemain Malaysia yang bermain di Amerika

NOBAR TV NEWS РBerbagai persiapan dilakukan tim-tim ASEAN guna menyambut turnamen antar negara bagian Tenggara ini. Timnas sudah melakukan pemusatan latihan di Bali dan akan menghadapi sebanyak dua kali sebagai bagian dari persiapan. Di sisi lain, memanggil salah satu pemainnya yang merumput di Liga Amerika Serikat yaitu Wan Ahmad Kuzri. Saat ini, Wan Ahmad Kuzri bermain untuk tim universitas, Akron Zips.

Malaysia sendiri berada di grup B 2022 bersama Timnas Indonesia, Laos, dan Myanmar. Pelatih Malaysia tentu tidak ingin pemain mudanya bernasib sama seperti yang dialami oleh para seniornya di turnamen AFF 2020 kemarin. Di mana, Timnas Indonesia melumat tetangganya tersebut dengan skor meyakinkan 4 – 1 dalam babak terakhir penyisihan grup. Sehingga membuatnya (Timnas Malaysia) gagal masuk ke babak semifinal karena finis di urutan ke-tiga. Dikabarkan, kekalahan memalukan tersebut membuat Asosiasi Sepak bola Malaysia (FAM) melakukan penyelidikan karena menduga adanya pengaturan skor pada laga tersebut.

Dalam pemusatan latihan di Bali, Shin Tae-Yong membawa 27 pemainnya guna menghadapi Timnas . Ada beberapa wajah baru yang dipanggil coach Shin Tae-Yong dan adapula beberapa pemain yang terpaksa dicoret. Salah satu pemain yang masuk daftar skuad Indonesia terbaru yaitu . Pemain yang sebenarnya masih belia itu dipercaya Shin Tae-Yong masuk menyingkirkan beberapa nama yang sebelumnya telah diberi kepercayaan. Sedangkan Malaysia dengan komposisi 30 pemain dalam pemusatan latihan dipastikan terdapat nama Wan Ahmad Kuzri. Pengalamannya bermain di liga dengan kultur yang berbeda dari liga domestiknya tentu menjadi alasan pelatih Timnas Malaysia memanggilnya.

Dilansir dari Okezone, Diduga Wan Ahmad sengaja dipanggil pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney untuk memastikan mereka bisa lolos dari Grup B Piala AFF U-23 2022. Terlebih di Grup B itu ada Myanmar, Laos, dan Timnas Indonesia.

Timnas Malaysia tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama. Oleh sebab itu, mereka akan menggunakan berbagai cara untuk mencegah laju Timnas Indonesia. Apalagi, status Timnas Indonesia saat ini adalah juara bertahan setelah mengalahkan Timnas Thailand 2 – 1 pada edisi AFF U-23 sebelumnya. Hal itu mendasari mereka (Timnas Malaysia) untuk betul-betul matang sebelum berangkat ke Kamboja selaku tuan rumah AFF U-23 kali ini.

Brad Maloney juga memanggil 9 nama pemain Malaysia lainnya yang beberapa waktu lalu mengantarkan Timnas Malaysia U-23 tampil di putaran final 2022. Dilansir dari Berita Harian, Pelatih asal Australia tersebut akan mengawali pemusatan latihan pada 27 Januari mendatang. Dengan begitu, Timnas Indonesia lebih diuntungkan sebab menjalani pemusatan latihan yang lebih lama daripada Timnas Malaysia.

Masyarakat Indonesia tentu berharap banyak kepada Evan dkk agar mampu mempertahankan gelar. Dengan begitu, masyarakat Indonesia yang sempat kecewa karena kekalahan Indonesia dari Thailand pada final AFF 2020 lalu akan sedikit terobati. Dan dengan itu pula Shin Tae-Yong sukses mempersembahkan trofi pertamanya untuk Timnas Indonesia.