Jadwal Timnas U-19 dan Senior Bertabrakan, STY Pilih yang Mana?
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Shin Tae-Yong dipastikan akan mengirim skuad di Turnamen Toulon di Prancis. Sayang, di waktu pelaksanaan event tersebut, Timnas senior juga tengah mengikuti Kualifikasi Piala 2023.

“Lusa akan kembali ke Jakarta. Setelah itu ada agenda 29 Mei 2022, yaitu Toulon Cup yang akan kami ikuti nanti,” ujar Shin Tae-Yong.

Hal ini menimbulkan dilema bagi pelatih asal itu. Namun, pilihan Shin Tae-Yong hampir bisa diprediksi. Ia dipastikan akan membersamai Timnas senior daripada . Mengingat Toulon hanya turnamen mini saja, maka ia dipastikan bergabung dengan Jordi Amat dkk.

Meski demikian, Shin Tae-Yong tetap bertekad agar anak asuhnya memberikan penampilan terbaiknya di Prancis. Ia akan menyerahkan anak didiknya pada salah satu asistennya.

Turnamen Toulon dijadwalkan akan berlangsung pada 28 Mei hingga 12 Juni mendatang. Timnas U-19 juga sudah menerima hasil drawing untuk babak grup. Kwateh dkk tergabung di grup B bersama Timnas Meksiko U-19, , dan Venezuela U-19.

Generasi terakhir yang mengikuti turnamen tersebut adalah Egy Maulana Vikri cs. Saat itu, Egy dkk gugur di fase grup. Timnas U-19 menjadi salah satu lawan terberat Egy dkk waktu itu.

Dengan mengikuti turnamen tersebut, Timnas Indonesia U-19 diharapkan mampu memetik pelajaran penting. Turnamen tersebut bisa menjadi persiapan jelang bergulirnya Piala Dunia U-20 tahun depan – yang di mana, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Adapun Timnas senior akan bertanding pada tanggal 8, 11, dan 14 Juni. Dengan demikian, Shin Tae-Yong harus menyerahkan anak asuhnya kepada salah satu asistennya.

Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan . Untuk dua nama yang disebutkan di awal, Timnas Indonesia terbilang lemah untuk dua tim asal Asia Barat tersebut.

Namun, dengan hadirnya nama baru seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, , dan beberapa pemain abroad lainnya, Timnas Indonesia diprediksi akan memberikan perlawanan keras – yang berbeda dengan permainan sebelumnya.

Juara grup dan runner-up up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023 akan terbang ke China – selaku tuan rumah untuk ajang sepak bola tertinggi di benua Asia. Dengan tekad dan semangat yang tinggi, semoga Timnas Indonesia berlaga di Piala Asia 2023.