Iwan Bule : Terkait Saddil, Kami Sudah Kirim Surat ke Sabah dan FAM
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan

NOBARTV NEWS – PSSI resmi mengirim surat kepada FAM atau Federasi Sepak Bola Malaysia. Selain kepada FAM, PSSI juga mengirimkan surat tersebut ke klub yang dibela Ramdani, . Hal ini dilakukan PSSI demi mendapatkan jasa Saddil untuk berlaga di SEA Games 2021 mendatang.

Sebelumnya, Sabah sudah lebih dulu menolak permintaan PSSI. Melalui rilis resminya, Sabah mengungkapkan alasan kenapa mereka enggan untuk melepas pemain andalannya itu. Namun beberapa waktu belakangan ini, Operator Liga Malaysia resmi menunda beberapa pertandingan dikarenakan beberapa pemain enggan dilepas oleh klub mereka. Hanya klub prioritas lah yang mendapatkan penundaan laga. Untuk klub Saddil Ramdani yakni Sabah FC tidak.

Meski demikian, Sabah dijadwalkan akan berhadapan dengan salah satu klub yang memiliki keringanan penundaan yakni Selangor FC. Akan tetapi, Sabah juga dijadwalkan akan bermain di dalam waktu dekat. Belum jelas apakah Sabah akan melepas mantan pemain Persela Lamongan itu. Hanya saja Federasi Sepak Bola (PSSI) telah melayangkan surat permohonan itu sejak kemarin.

“PSSI sudah melayangkan surat permintaan kepada FAM dan Sabah FC terkait pemanggilan dan permintaan agar Saddil Ramdani dapat bergabung dengan   U-23 Indonesia di SEA Games 2021. PSSI menunggu jawaban dan respons positif dari Sabah FC dan FAM,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Penundaan itu menjadi angin segar bagi PSSI yang berharap Saddil Ramdani cepat bergabung bersama timnas Indonesia. Saddil merupakan pemain penting bagi tim dan menjadi pilihan pelatih Shin Tae-yong,” tambahnya.

Saat ini karir Saddil Ramdani tengah menanjak pesat. Ia selalu menjadi andalan pelatih Ong Kim-swee dalam beberapa laga penting Sabah. Wajar saja jika sang pemain dipanggil untuk membela Timnas Indonesia – dan lebih wajar lagi jika klub tersebut menahan pemain bintangnya itu.

Saddil Ramdani termasuk dalam 29 nama yang dipanggil dalam pelatihan nasional jelang SEA Games 2021 kemarin. Namun hanya dirinya, Elkan Baggott dan Pratama Arhan yang kemungkinan besar tidak akan membela Timnas. Bahkan dua nama lainnya yakni Elkan dan Arhan telah ditahan oleh pihak klub tempat mereka merumput.

Timnas U-23 telah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan dan telah menyelesaikan tiga laga uji coba. Dari 3 laga uji coba tersebut, dan kawan-kawan meraih 1 kali kemenangan dan dua kali mengalami kekalahan. Dua kekalahan tersebut mereka dapatkan dari (2 – 0) dan (3 – 2).

Timnas U-23 dituntut untuk mendapatkan emas dalam ajang tersebut. Namun di laga perdana, mereka akan menghadapi tim terkuat di grupnya, yakni Timnas .

Semoga event SEA Games 2021 ini menjadi gelar perdana yang akan dipersembahkan oleh Shin Tae-Yong. Sebab untuk waktu yang akan datang, Timnas Indonesia senior akan berhadapan dengan tim yang jauh lebih kuat yakni Timnas Yordania, Kuwait, dan Nepal dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.