Indonesia - Jepang Jalin Kerjasama Sepakbola, Pelatih Legendaris Jepang Siap Bantu STY
, Shohei Matsunaga, sedang melakukan pertemuan virtual dengan PSSI

NOBARTV NEWS – Berbagai pembenahan tengah dilakukan PSSI untuk meningkatkan kualitas pesepak bola Indonesia. Dimulai dari pembinaan usia dini hingga bekerjasama dengan salah satu tim langganan Piala Dunia, .

Mantan pelatih Timnas Jepang, Takeshi Okada akan bahu-membahu bersama Shin Tae-Yong untuk memantau dan meningkatkan perkembangan anak muda Indonesia. Salah satu pemain Jepang yang cukup lama malang melintang di klub sepak bola Indonesia, Shohei Matsunaga diikutsertakan dalam proyek ini. Belum jelas apa peran yang akan diemban mantan pemain Persib itu. Namun, kemungkinan besar ia akan digunakan sebagai ‘penyambung lidah’ antara keduanya (Indonesia dan Jepang). Shohei juga mengenal baik kultur sepak bola berkat pengalamannya selama ini.

Kerjasama itu masih dalam tahap menyeleksi pemain berkualitas. Belum sampai pada tahap apakah para pemain muda Indonesia akan disekolahkan di negeri Sakura (bermain di Liga Jepang).

Dilansir dari sportstar.id, “Kehadiran Okada ini disinyalir akan membantu pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam menyeleksi pemain berkualitas. Dengan demikian, bisa menjadi semakin tangguh.”

Sebelumnya, ada beberapa pemain Indonesia yang sukses berkarir di luar negeri di era kepemimpinan Shin Tae-Yong.

Sebut saja dan Witan Sulaeman yang saat ini berada di Eropa bersama salah satu klub Slovakia, .

Kemudian ada nama bermain di klub kasta kedua Liga , Ansan Greeners. Terakhir ada nama Pratama Arhan yang baru saja diresmikan menjadi pemain baru Tokyo Verdy di kasta kedua Liga Jepang.

Keempat nama di atas sudah menjadi pemain langganan untuk tim nasional – sejak masih bermain di level senior hingga sekarang. Kabarnya, Shin Tae-Yong akan memanggil keempat nama tersebut untuk SEA Games yang akan datang.

Di Piala AFF tahun lalu, mereka sukses membawa Timnas Indonesia hingga babak final menghadapi Thailand. Sayang, harus puas menempati posisi runner-up.

Maka, dengan kehadiran Takeshi Okada semoga kesempatan anak-anak muda Indonesia semakin terbuka lebar untuk berkarir di luar negeri. Di samping itu, semoga klub-klub Indonesia lebih berbenah dengan datangnya mantan pelatih Timnas Jepang era 1997 – 1998 itu.