Hadapi Indonesia dan Vietnam di Grup A, Pelatih Filipina : Grup yang Sulit!
Indonesia vs Filipina beberapa tahun silam

NOBARTV NEWS – Meski tergabung di grup neraka bersama Vietnam dan Indonesia, Timnas Filipina, Norman Fegidero menyambut positif hasil drawing pembagian grup SEA Games 2021 kemarin.

Ia menyadari betul bahwasanya tuan rumah akan menjadi lawan tersulit yang akan mereka hadapi di . Begitupun dengan Timnas Indonesia. Dengan matang yang pernah bermain di kompetisi tahun lalu, Indonesia diyakini mampu menyulitkan semua tim di grup A, termasuk tuan rumah Vietnam.

“Kami sangat bersemangat, akan tetapi sadar ini akan menjadi grup yang sulit,” jelas Norman Fegidero.

Filipina dijadwalkan akan berhadapan dengan Timnas Timor Leste di pertandingan perdananya. Sedangkan Indonesia akan melawan tuan rumah di laga pembuka grup A.

Fegidero cukup optimis dengan skuadnya jelang hadapi Timor Leste. Ia menyebut timnya lebih dimudahkan karena melawan tim terlemah di grup A.

“Setidaknya kami akan melawan Timor Leste pada pertandingan pertama. Penyesuaian tidak akan terlalu banyak untuk para pemain,” lanjutnya.

Di saat pesaingnya seperti Timnas Indonesia dan Vietnam telah mengumumkan skuad yang akan dibawa ke turnamen, Filipina justru belum melakukannya. Sang pelatih masih menerka-nerka pemain abroad yang diberikan izin oleh klub untuk membela The Young Azkals (julukan Timnas Filipina).

“Salah satu kesulitan dalam mendapatkan jasa pemain luar negeri kami adalah pembebasan mereka karena SEA Games. Akan tetapi, kami punya rencana B jika mereka tidak tersedia,” jelas Fegidero.

Hal yang sama juga terjadi pada Timnas Indonesia U-23. Salah satu bomber Indonesia, Saddil Ramdani tidak mendapat restu untuk meninggalkan klubnya Sabah FC. Sang pelatih, tidak mengizinkan Saddil untuk membela Timnas Indonesia. Ong berdalih jika turnamen tersebut bukanlah agenda sehingga klub boleh menahan pemainnya.

Bukan hanya Saddil. Pemain jangkung Ipswich Town, juga mengalami nasib serupa. Saat ini, tim utama Ipswich Town sedang mengalami krisis bek. Dikarenakan hal tersebut, pelatih Ipswich kerap mengajak Elkan untuk mengikuti pertandingan tim utama Ipswich. Meski belum dimainkan, klub tidak ingin mengambil resiko dengan hilangnya pemain andalannya itu.

Dilansir dari bola.com, “Filipina bisa dikatakan sebagai lawan yang lemah buat Timnas Indonesia U-23. Sejauh ini, Filipina belum mampu mengalahkan di SEA Games.”