Fakta Indonesia vs Vietnam di Piala AFF: Skuad Garuda Tak Pernah Kalah Sepanjang 26 Tahun!

Fakta Indonesia vs Vietnam di Piala AFF: Skuad Garuda Tak Pernah Kalah Sepanjang 26 Tahun!

NOBARTV NEWS – Laga pertama semi-final 2022 akan diawali oleh pertandingan antara tuan rumah Indonesia melawan Vietnam pada esok, 6 Januari 2023. Menariknya, meski Vietnam menjadi tim terbaik Asia Tenggara di rangking FIFA, namun dalam kurun waktu 26 tahun ini, The Golden Stars Warriors tak pernah menang atas Indonesia dalam ajang .

Diketahui, akhirnya finis di peringkat kedua klasemen akhir A. Sementara itu, Vietnam berhasil memuncaki peringkat pertama B. Posisi kedua tim tersebut membuat mereka akan saling sikat di babak semifinal. Pertandingan tersebut akan dihelat dalam dua leg. Pertama di markas Indonesia Stadion , Jakarta pada 6 Januari. Adapun leg kedua akan digelar di My Đình Stadium markas Vietnam pada 9 Januari 2023.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Menariknya, meski Vietnam jauh diunggulkan karena faktor peringkat FIFA yang dimilikinya, namun pada kenyataannya dalam ajang , mereka tak pernah menang dalam kurun waktu 26 tahun ke belakang. Pertemuan terakhir kedua tim dalam ajang tersaji pada edisi sebelumnya. Saat itu, Vietnam dan Indonesia bermain imbang 0-0.

Berita Terkait:  Egy Masuk di Babak Kedua, Senica Sukses Benamkan Perlawanan Michalovce

Akan tetapi, meski tak pernah menang dalam ajang Piala AFF tersebut, namun di ajang lainnya, skuad Vietnam tampil beringas atas Indonesia. Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam dua kali mengalahkan Indonesia. Pertama di Stadion pada 15 Oktober 2019 dengan skor telak 1-3. Saat itu, skuad Vietnam mencetak tiga gol melalui D. M. Đỗ, Quế Ngọc Hải, dan Nguyễn Tiến Linh. Skuad hanya mampu membalas lewat gol Irfan Bachdim.

Di pertemuan berikutnya dalam ajang yang sama (Kualifikasi Piala Dunia), Indonesia kembali dilumat Vietnam 4-0. Saat itu, pertandingan tersebut digelar di Al-Maktoum Stadium, Uni Emirat Arab. Pertandingan tersebut berlangsung pada 8 Juni 2021.

Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam esok merupakan laga bertajuk Piala AFF. Dan sepanjang 26 tahun ke belakang, Vietnam tak sekalipun bisa menang atas Indonesia dalam ajang serupa.

Dilansir dari bola.net, sejak Piala AFF pertama kali digelar pada tahun 1996 lalu, Indonesia dan Vietnam telah bertemu sebanyak 10 kali. Dalam 10 pertandingan tersebut, skuad telah memenangkan laga sebanyak 3 kali, 6 kali imbang, dan hanya 1 kali menelan kekalahan. Kekalahan satu-satunya yang didapatkan skuad atas Vietnam terjadi pada edisi pertama pada tahun 1996.

Berita Terkait:  Taklukkan Malaysia, Singapura Salip Timnas Indonesia di Rangking FIFA

Saat itu, Timnas Indonesia tumbang atas Vietnam 2-3. Kemenangan tersebut menjadi satu-satunya hasil positif yang bisa diraih The Golden Stars Warriors atas Indonesia di Piala AFF sampai saat ini.

Meski demikian, Timnas Indonesia tak boleh lengah. Terlebih mereka akan bermain sebagai tuan rumah. Semoga di laga esok skuad Garuda mampu memperpanjang rekor 26 tahun tersebut agar bertambah panjang hingga tahun-tahun berikutnya.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses