Egy dan Pemain Abroad Terancam Absen di SEA Games Nanti, Berikut Alasannya
Elkan Bagoot dalam sesi latihan

NOBARTV NEWS – Lima pemain abroad yang saat ini membela klub luar negeri diprediksi tidak akan pulang kampung membela di nanti. Pasalnya, klub enggan melepasnya di saat tim sedang membutuhkannya – terlebih, SEA Games adalah sebuah turnamen yang tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA.

Hal itu pernah terjadi pada Egy Maulana Vikri. Di turnamen AFF 2020 kemarin, Egy telat bergabung bersama rekannya di babak grup B . Egy baru bisa bermain ketika Indonesia sudah menginjakkan kaki di babak semifinal. FK enggan melepas pemain andalannya itu.

Kini, dengan bertambahnya pemain yang abroad ke luar negeri, maka semakin banyak pula pengajuan izin yang akan dikirim PSSI.

Ada Elkan Bagoot (Ipswich Town), Bahar (), Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri (FK Senica), dan (Tokyo Verdy).

Pada Piala AFF kemarin, ke-lima nama tersebut bahu membahu bersama Timnas Indonesia. Esok, tidak ada yang tahu apakah semuanya turut serta membela skuad Garuda.

Namun, Shin Tae-Yong mengaku akan tetap memprioritaskan pemain abroad di turnamen tersebut.

“Untuk SEA Games memang kami ingin pakai pemain abroad, kami komunikasi dengan federasi agar kami bisa buat surat pemanggilan, dan federasi sedang melakukan pembicaraan dengan pemain-pemain tersebut,” ujar Shin Tae-Yong.

Ia juga menjelaskan para alumni SEA Games nanti, 70% di antaranya akan dibawa menuju Kuwait guna mengikuti Kualifikasi Piala 2023.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan mengikuti SEA Games pada 12 – 23 Mei mendatang.

Berdasarkan data yang bisa terhimpun, berikut jadwal pemain abroad bersama klubnya di saat SEA Games berlangsung.

1. Egy  Maulana Vikri dan Witan Sulaeman

FK Senica tercatat akan melakoni dua laga penting – bersamaan dengan dihelatnya SEA Games nanti. Senica akan berhadapan dengan Trencin dan Pohronie dalam babak play-off Liga Slovakia. Kehadiran Egy dan Witan sangat dibutuhkan agar Senica terhindar dari jurang degradasi.

2. Asnawi Mangkualam Bahar

Ansan Greeners dijadwalkan akan melakoni tiga laga dalam kurun waktu 15 – 21 Mei mendatang. Semua laga merupakan pertandingan . Sehingga, untuk Asnawi diprediksi akan pulang kampung. Sebab, laga tersebut tidak sepenting laga yang akan dijalani Egy dan Witan. Terlebih koneksi antara Shin Tae-Yong dan Ansan membuat prosesi perijinan itu mudah dilakukan.

3. Pratama Arhan

Untuk Arhan, Tokyo Verdy diprediksi tidak akan melepas bek kiri tersebut ke Timnas Indonesia. Alasan pertama adalah Arhan baru bergabung dengan tim. Kehadirannya sangat dibutuhkan di Tokyo untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kedua, klub Jepang memiliki kedisiplinan yang tinggi sehingga Arhan tidak akan dilepas untuk sekelas turnamen antar negara Asia Tenggara.

4. Elkan Bagoot

Hanya Bagoot yang diprediksi bisa bergabung sejak awal. Pasalnya, Ipswich Town U-23 sudah selesai menjalani laga terakhirnya pada 28 April mendatang atau dua minggu sebelum SEA Games dimulai.