Duh! Satu Pemain Keturunan Tolak Pinangan Timnas U-19
Ivan Jenner

NOBARTV NEWS – Pada mulanya, PSSI telah mengundang empat pemain keturunan untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta – bersamaan dengan latihan Timnas yang akan mengikuti Piala . Namun, dari keempat pemain yang diundang, satu di antaranya menolak untuk datang ke .

Hanya tiga nama yang dipastikan mengikuti pemusatan latihan tersebut. Mereka adalah Max Christoffel, , dan . Meski dipastikan tidak akan diturunkan di Piala , namun kehadiran mereka telah menunjukkan bahwa mereka serius untuk membela Timnas .

Tiga pemain yang masing-masing berposisi sebagai bek, gelandang, dan striker itu diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan. Namun sebelum itu mereka akan dinilai oleh Timnas U-19, Shin Tae-Yong.

Jika performa mereka baik dan menunjukkan hasil positif, maka proses selanjutnya adalah naturalisasi. Jadi, semua keputusan ada di tangan pelatih. Naturalisasi tidaknya para pemain tersebut mutlak berada di tangan Shin Tae-Yong.

Mengenai satu pemain yang menolak untuk bergabung bersama Timnas U-19, Shin Tae-Yong mengaku tak tahu mengenai hal tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak ingin berspekulasi terkait hal tersebut.

Berita Terkait:  Minta Masyarakat Patungan Bangun TC, Netizen: Dana Bantuan dari FIFA Dikemanakan?

“Mungkin liburan dahulu nanti baru datang. Jujur belum tahu situasi seperti apa,” papar Shin Tae-Yong.

Berbeda halnya dengan . Ketua umum PSSI itu menyebut satu pemain yang menolak panggilan Timnas U-19 murni karena ia tidak ingin membela Timnas U-19.

“Sebetulnya ada empat, tetapi satu tidak hadir karena enggak mau,” papar .

Beberapa waktu lalu, anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani melakukan kunjungan ke Belanda guna bertemu dengan beberapa pemain keturunan. Besar kemungkinan pemain yang dimaksud (menolak panggilan Timnas U-19) adalah Ivan Jenner. Mengingat sang pemain pada saat itu sempat bertemu dengan sang exco.

Permintaan naturalisasi Timnas U-19 murni atas keinginan Shin Tae-Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin membangun mumpuni untuk Timnas U-19 jelang event Piala Dunia U-20 tahun depan. Namun, jika pada akhirnya hanya tiga pemain yang bersedia bergabung, maka itu bukan masalah besar baginya.

Dijadwalkan, Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan di dan akan berlangsung sejak 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Berita Terkait:  Buntut Mangkirnya Rumakiek, Persipura Bisa Kena Imbasnya

“Shin Tae-yong menyampaikan kepada kami perlu pemain naturalisasi untuk memperkuat tim di Piala Dunia U-20,” tutup .