Dua Media Luar Negeri Kompak Sanjung Timnas Indonesia Pasca Lakoni Dua Laga di FIFA Matchday
Selebrasi pemain Indonesia di Piala 2020 kemarin

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia sukses mengentaskan perlawanan Timnas Timor Leste sebanyak dua kali dalam dua laga berbeda. Dua kemenangan yang diraih Timnas Indonesia membuat dua media luar negeri turut berkomentar. Media tersebut adalah semuanyabola dari dan soha.vn berasal dari .

Kemenangan Timnas Indonesia dengan skor cukup meyakinkan yakni 4-1 pada pertandingan pertama dan 3-0 pada pertandingan keduanya menjadi sorotan dua media luar negeri tersebut. Laga yang tercatat resmi dalam kalender itu sangat berpengaruh pada peringkat Timnas Indonesia di .

Sebelumnya, Timnas Indonesia telah dijadwalkan akan menghadapi namun dikarenakan masalah karantina dan beberapa pemain belum melakukan vaksinasi, maka pertandingan tersebut dibatalkan. PSSI pun menunjuk Timor Leste yang notabenenya memang tim terlemah di Asia Tenggara.

Alhasil, Timnas Indonesia menang dengan mudah di dua laga tersebut. Sedangkan tetangga, Malaysia tidak melakukan laga FIFA Matchday pada saat yang bersamaan. Hal itu membuat satu media Malaysia, semuanyabola memberikan komentar menohok sembari menyindir Asosiasi Sepakbola Malaysia atau FAM.

Dengan sedikit jengkel, media tersebut membuat sebuah judul artikel, “Saat Harimau Malaya Tidur Nyenyak, Sang Garuda Kekenyangan Ratakan Timor Leste.”

Hal itu buntut dari FAM atau Asosiasi Sepakbola Malaysia yang lebih disibukkan dengan investasi terkait dugaan match fixing pada Piala AFF tahun lalu. Sehingga Timnas Malaysia tidak dipersiapkan untuk bertanding menghadapi siapapun.

Media Vietnam soha.vn justru menganggap PSSI tepat telah memilih Timnas Timor Leste sebagai lawannya. Keputusan PSSI memilih bertanding sebanyak dua kali dengan tim yang jauh lebih lemah dianggap perbuatan cerdik. Pasalnya, Timnas Indonesia yang jauh diunggulkan akan dengan mudah naik peringkat di rangking FIFA bermodalkan dua kemenangan tersebut.

“PSSI mengundang Timor Leste untuk memainkan dua pertandingan persahabatan di akhir Januari. Dua pertandingan ini tidak memberikan signifikan dalam hal keahlian bagi Indonesia,” tulis media tersebut.

“Langkah PSSI mengejutkan dan menuai pujian. Ada informasi bahwa Indonesia dapat mengundang tim yang lebih kuat di , tapi memilih Timor Leste untuk memastikan dua kemenangan,” tutup media asal Vietnam tersebut.