Dokumen 2 Pemain Naturalisasi Diprediksi Rampung Sebelum Kualifikasi Piala Asia 2023
Ekspresi emosional Sandy Walsh bersama klubnya, KV Mechelen

NOBARTV NEWS – Dokumen dua pemain naturalisasi, Sandy Walsh dan dikabarkan sudah berada di tangan Kemenkumham. Berarti, dua dokumen tersebut sudah lolos verifikasi di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dengan begitu, keduanya diprediksi bisa tampil di .

Ketika Shin Tae-Yong memulai program naturalisasi, dua nama tersebut, Jordi dan Sandy menjadi target utama yang diincar Shin dan PSSI. Kabar baiknya, dua nama tersebut sesegera mungkin mengirimkan berkas administrasi yang dibutuhkan kepada PSSI.

Alhasil, dua nama itulah yang kemungkinan besar lebih dulu untuk menjadi WNI dibanding nama-nama lainnya.

Baik Jordi maupun Sandy sama-sama memiliki garis keturunan Indonesia. Keduanya saat ini tampil di kasta tertinggi Liga . Jordi tercatat sebagai pemain belakang KAS Eupen sedangkan Sandy adalah bek sayap milik KV Mechelen.

Dua-duanya pun sangat antusias ketika ditawari untuk bermain bersama . Sandy bahkan memanfaatkan media sosialnya dengan sangat baik untuk berkomunikasi dengan fans setia . Ia beberapa kali mengunggah foto dirinya dengan caption bahasa Indonesia.

Terakhir, Sandy mengunjungi Brussels untuk bertemu dengan duta besar Indonesia untuk Belgia. Di sana, Sandy sempat menyanyikan lagu wajib nasional, Indonesia Raya. Momen tersebut diunggah oleh akun resmi KBRI Brussels.

Salah seorang staf Kemenkumham, Sudaryanto memastikan dokumen tersebut sudah selesai pada bulan Juni mendatang. Dengan syarat tidak ada cacat ataupun dokumen yang kurang.

“InsyaAllah¬†bisa [Juni selesai], sepanjang persyaratannya sesuai aturan lengkap. Jika tak ada kendala, sesegera mungkin Kemenkumham bisa kirimkan berkasnya ke Sekretariat ,”¬†jelas Sudaryanto pada media online, Kumparan.

Ia mengaku dokumen tersebut hanya bertahan sebentar di Kemenkumham. Jika lengkap, dokumen tersebut tertahan di Kemenkumham selama 1 – 2 minggu saja untuk kemudian dilanjutkan ke pihak Sekertariat Negara.

“Paling, di Kemenkumham itu hanya seminggu atau dua minggu jika lengkap semua. Kalau ada yang kurang, pastinya saya akan konfirmasi ulang ke Kemenpora atau PSSI. Persyaratan itu adalah kuncinya,” jelasnya lagi.

Jika hal tersebut (proses naturalisasi) berjalan sesuai rencana, maka Jordi dan Sandy berkesempatan unjuk gigi di babak Kualifikasi nanti.

Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Yordania, , dan Nepal. Mereka akan memperebutkan posisi juara grup untuk mengunci satu tempat di Piala Asia 2023 di .