Dilatih Shin Tae-Yong, Begini Kesan Wonderkid Persija, Alfriyanto Nico
Alfriyanto Nico tengah berselebrasi dengan rekan timnya di Persija junior

NOBARTV NEWS – Saat ini, tengah disibukkan dengan agenda pemusatan latihan di Jakarta. Rencananya, sehabis pemusatan latihan di ibukota, mereka akan berangkat menuju Korea Selatan. Di sana, federasi Korea Selatan sudah mempersiapkan lawan tanding untuk anak asuh Shin Tae-Yong itu.

Sistem serta teknik melatih Shin Tae-Yong sangat berbeda dengan pelatih lokal sebelumnya. satu pemain sekaligus pemain andalan Shin Tae-Yong, pernah membahasnya. Menurutnya, cara melatih Shin Tae-Yong sangat disiplin dan tegas.

“Kalau menurut saya, coach Shin Tae-yong sangat tegas, disiplin dalam latihan,” ujar Rumakiek kala itu.

Shin Tae-Yong tidak akan mentolerir anak buahnya yang lelet, tidak disiplin, atau dengan sengaja melanggar aturan yang dibuatnya. Seperti telat datang ketika makan maupun latihan. Apalagi telat bangun tidur di pagi harinya.

“Di sini latihan lebih fight, disiplin posisi, latihan cukup berat, hikmah yang saya ambil dari coach adalah sosok yang tegas untuk para pemain,” jelas Rumakiek lagi.

Kini, U-19 tengah merasakan efek cara melatih juru taktik asal Korea Selatan itu.

Pemain muda Persija Jakarta, Alfriyanto Nico mengaku cara melatih Shin Tae-Yong jauh lebih berat dari cara ia berlatih di klub.

Meski demikian, Nico tetap menjalani semua menu latihan tersebut. Ia ingin berkembang dan bertekad membawa Timnas Indonesia U-19 meraih hasil maksimal di tahun depan.

“Latihan cukup baik, dengan intensitas tinggi. Saya bisa ikuti dan ini adalah persiapan untuk Piala Dunia (U-20),” ujar Nico.

Seperti yang sudah diketahui, cara melatih Shin Tae-Yong sempat menjadi pembicaraan ketika ia baru melatih Timnas Indonesia. Latihan berat yang diberikannya menimbulkan protes dari beberapa kalangan. Namun, dari kalangan pesepakbola khusunya anak asuh yang ditanganinya, tidak pernah terdengar keluhan dari apa yang mereka terima.

“Memang porsi latihannya lebih ya (dibanding di klub). Karena ini persiapan jelang Piala Dunia, karena itu coach Shin kasih intensitas tinggi,” ujar Nico lagi.

Nico mengaku Shin Tae-Yong tengah menggenjot fisik serta mentalnya. Ia pun berharap dengan menu latihan ini performanya kian meningkat dari sebelumnya.

“Latihan cukup tinggi untuk menguji daya tahan tubuh. Setelah lari di tangga, kemudian ada skipping,” tutup wonderkid asal Persija itu.