Calon Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Cetak Dua Gol di Laga Persahabatan
Shayne (kiri) dan potret masa kecil Pattynama bersama orangtuanya (kanan)

NOBARTV NEWS – Shayne Pattynama sukses mencetak dwi gol dalam laga persahabatan Viking FK melawan Kristiansund BK. Calon pemain itu turun sejak menit pertama. Adapun pertandingan tersebut adalah persiapan sebelum dimulainya pada 2 April mendatang. Viking FK benamkan Kristiansund BK 4 – 1.

Dengan hasil tersebut, Viking FK memiliki modal berharga untuk kembali mengarungi kasta tertinggi Liga . Musim lalu, Viking mampu finis di urutan ketiga. Mereka berhasil mengumpulkan 57 poin dari 30 laga yang dijalaninya. Mereka hanya kalah dari dan Molde yang masing-masing mengemas 63 dan 60 poin.

Di musim tersebut pula, Shayne dipercaya turun sebanyak 24 kali. Pattynama membayar kepercayaan dengan 2 gol dan 5 assist. Sebuah torehan yang membanggakan untuk ukuran pemain belakang.

Dengan dua gol di laga persahabatan kemarin membuat Pattynama kian dipercaya dan berpeluang akan lebih sering diturunkan pada musim ini.

Namun, Viking harus lebih bersabar jika suatu saat nanti PSSI membutuhkan pemain dengan posisi bek sayap kiri tersebut. Pasalnya, jika proses naturalisasi Pattynama selesai tepat waktu, ia akan menjadi pilihan utama untuk mengarungi . Selain Pattynama, dua nama lainnya yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh akan bermain bersama jika proses naturalisasi ke-tiganya rampung tepat waktu.

Pattynama menjadi nama terakhir yang setuju ketika PSSI menawarkannya untuk pindah kewarganegaraan. Kehadiran Pattynama membuat lini belakang Indonesia akan semakin solid. Meskipun posisi yang biasa ditempatinya sudah terisi oleh sosok , hal itu tidak akan membuat persaingan keduanya amat sengit.

Pattynama bisa menempati banyak posisi sesuai instruksi pelatih.

Sepanjang karirnya, Pattynama pernah menempati posisi gelandang tengah sebanyak 22 kali, gelandang kiri 10 kali, dan berbagai posisi lainnya. Posisi bek kiri menjadi posisi favoritnya dengan total penampilan sebanyak 53 kali.

Semoga ia (Pattynama) dan pemain naturalisasi lainnya sukses membuktikan diri di Kualifikasi Piala Asia nanti. Sehingga ekspektasi ratusan juta rakyat Indonesia tidak menjadi sia-sia – seperti pemain naturalisasi pada tahun-tahun sebelumnya.