Bung Towel Masih Sesalkan Kekalahan Timnas Indonesia Atas Vietnam

NOBARTV NEWS – Pengamat sepak bola asal Indonesia, Tommy Welly masih menyesalkan kekalahan Indonesia dari satu minggu yang lalu. Pengamat sekaligus komentator sepak bola itu menyebutkan Indonesia seharusnya tidak kalah dengan cara seperti itu.

Tommy Welly atau yang biasa disapa Bung Towel menganggap kualitas sepak bola Indonesia sudah setara dengan tim elite Asia Tenggara. Maka, jika Indonesia bertemu dengan Thailand atau Vietnam, pertandingan sengit akan tersaji. Tidak pernah terbayang jika Indonesia bisa kalah dengan cara seperti kemarin.

Dalam laga tersebut, Indonesia dipecundangi – tepatnya dipermalukan di hadapan puluhan ribu suporter tuan rumah. Tanpa perlawan, tanpa daya juang, tanpa semangat.

Bung Towel juga mengkhawatirkan tim-tim lain di Asia Tenggara yang saat ini tengah menanjak. Sedangkan Indonesia justru diam di tempat. Sebut saja Kamboja. Tim yang kini diarsiteki legenda hidup sepak bola Jepang, Keisuke Honda itu tengah dalam performa baiknya sejak ditangani olehnya.

“Indonesia seharusnya berada di jajaran elite ASEAN bersama Thailand dan Vietnam. Harusnya kan Indonesia saat jumpa Thailand dan Vietnam itu kan ketat dan sengit. Kalaupun kalah, bukan seperti hasil kemarin,” ujar Bung Towel kepada detik.com.

“Bukannya anti kekalahan, tapi kualitas permainannya seperti apa. Harusnya kita sudah bicara di level elit ASEAN. Harusnya kompetitif bersaing ketat, bukan seperti kemarin kalah 0-3,” ujarnya menambahkan.

Thailand dan Vietnam kini menjadi tim terbaik di Asia Tenggara. Kedua tim yang diarsiteki pelatih asingnya tersebut muncul sebagai tim terbaik, bukan hanya di level Asia Tenggara namun kini merambah ke Benua Asia.

Sejauh ini, telah menelan satu kali kekalahan dari Vietnam dan menang atas Timor Leste 4 – 1. Indonesia dijadwalkan akan berhadapan dengan Timnas Filipina esok malam dalam laga ketiganya di fase grup A 2021.

“Dari segi hasil, Filipina memang lebih baik. Tapi kalau secara kualitas permainan, belum bisa dinilai karena kedua tim belum bertemu,” tegas Bung Towel.

Bung Towel berharap agar Timnas Indonesia mampu memperbaiki levelnya sehingga sejajar atau bahkan melampaui tim lainnya di Asia Tenggara.

“Bahwa tim-tim lain menunjukkan perkembangan, itu perlu diwaspadai. Jangan sampai level kita malah nggak sejajar dengan Thailand dan Vietnam,” tutupnya.