Breaking News! Indonesia Dipastikan Absen di Laga FIFA Matchday Mendatang
Egy Maulana Vikri mencoba lepas dari penjagaan pemain Vietnam

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia dipastikan tidak akan melakoni laga FIFA Matchday pada bulan Maret ini. Anak asuh Shin Tae-Yong tidak akan berhadapan dengan Uzbekistan, , atau tim lain yang sempat diisukan akan bertarung menghadapi Garuda.

Sangat disayangkan, di saat PSSI memiliki target masuk 150 besar , di saat itu pula satu ‘usaha’ untuk menggapainya tidak dilakukan.

Setiap tim nasional menjadikan pertandingan FIFA Matchday sebagai ajang memperbaiki . Banyak di antara tim nasional sengaja menghadapi tim lemah agar peringkatnya naik. Ada pula yang sengaja melawan tim yang berperingkat lebih tinggi guna mendulang poin yang lebih besar.

Hal itu pernah dilakukan PSSI pada FIFA Matchday sebelumnya. PSSI sengaja mengundang dalam dua laga sekaligus. Hasilnya, peringkat Indonesia naik berkat dua kali kemenangan.

Namun, untuk periode Maret ini, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan melakoni satu pun laga. Padahal, Indonesia membutuhkan poin demi mencapai target yang sudah ditentukan. Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 160 FIFA. Berarti, ada 10 tangga lagi yang harus dilalui Timnas Indonesia agar mampu berada di posisi 150 besar.

Masyarakat Indonesia tentu kecewa dengan keputusan PSSI ini. Namun, bukan PSSI lah yang mengambil keputusan tersebut.

PSSI hanya bertugas menyampaikan keinginan Timnas Indonesia untuk tidak melakoni laga – yang dalam hal ini adalah permintaan khusus dari pelatih Shin Tae-Yong.

Shin Tae-Yong merasa tidak memiliki cukup waktu untuk menangani Timnas senior. Shin Tae-Yong saat ini ia tengah disibukkan dengan agenda Timnas Indonesia U-19.

“Menurut Shin Tae-yong laga FIFA Match Day di bulan Maret tidak efektif dan efisien. Hal ini karena dia juga memimpin tim U-20 persiapan U-20 2023 menjalani pemusatan latihan di ,” ujar Ketua Umum PSSI, .

Shin Tae-Yong menambahkan, “Ya, tidak ada pertandingan laga FIFA Matchday di bulan ini. Pada Maret ini, kami sedang fokus memberikan latihan untuk tim U-20 di Korea Selatan,”

“Setelah ini, kita harus mempersiapkan pemanggilan pemain untuk pemusatan latihan yang diikuti pemain dari klub dalam negeri dan luar negeri. Untuk itu, harus dilakukan komunikasi dari sekarang,” tutup pelatih asal Korea Selatan itu.