Biar Tidak Salah Paham, Berikut Regulasi Piala AFF U-16
Skuad muda U-16 tengah melakukan pemusatan latihan

NOBARTV NEWS – Panitia U-16 2022 telah memberikan keterangan terkait regulasi untuk event yang akan dihelat di ini. Beberapa regulasi diubah dari sebelumnya. Apa saja itu? Berikut poin-poinnya.

Sebagaimana diketahui, di kemarin, banyak netizen – bahkan suporter gagal paham dengan regulasi dalam ajang tersebut. Netizen mengira kreativitas gol menjadi acuan untuk menentukan peringkat sebuah tim, namun pada kenyataannya, head to head lah yang menjadi pedoman dalam event tersebut.

Maka, mau tidak mau akhirnya tersingkir dari fase grup karena kalah head to head dari Vietnam dan . Padahal, ketiga tim tersebut memiliki poin yang sama – bahkan, Indonesia menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak dengan total cetak 17 gol dan hanya kebobolan 2 gol saja.

Netizen sempat protes dengan regulasi tersebut. Bahkan mengira mengubah regulasi secara tiba-tiba.

Bukan hanya netizen, Shin Tae-yong turut memberikan komentarnya. Coach Shin menyebut regulasi Piala AFF sudah usang.

Berita Terkait:  Banggakan Indonesia! Zahra: Setelah Piala Asia Aku Langsung Berangkat ke Eropa

“Head to head seperti situasi sekarang ini memang sudah hilang kalau di regulasi FIFA atau AFC. Sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini,” papar Shin

“Memang sebenarnya kita tidak lolos ini tidak masuk akal dan memang seharusnya dari lawan dan pesaing kami juga lakukan laga yang fair play, tetapi nyatanya tidak seperti itu,” ujarnya menambahkan.

Demi menghindari anggapan yang tidak beralasan tersebut, untuk Piala AFF U-16 kali ini, AFF telah membuat pengumuman terkait regulasi sebelum event tersebut dimulai.

Ternyata, AFF masih memegang regulasi biasa. Seperti head to head yang menjadi acuan dalam penentuan peringkat jika terdapat dua tim atau lebih yang memiliki poin yang sama.

Dilansir dari bola.okezone.com, urutan head to head sendiri menggunakan tiga tahapan. Hal itu berdasarkan pasal 12.2 regulasi Piala AFF U-16 2022:

A. Poin tertinggi dari laga di antara dua tim atau lebih yang memiliki poin sama

B. Selisih gol pada laga grup yang mempertemukan tim yang poinnya sama.

Berita Terkait:  Live Streaming Filipina U-19 vs Indonesia U-19 Piala AFF U-19 2022 Grup A

C. Jumlah gol terjadi di fase grup di antara tim yang poinnya sama.

Hal yang berubah dari Piala AFF U-16 sebelumnya dengan event kali ini adalah waktu bermain. Sebelumnya, AFF menggunakan waktu bermain selama 2 x 40 menit sedangkan untuk Piala AFF U-16 tahun ini, AFF menggunakan waktu 2 x 45 menit. Selain itu, regulasi lainnya tetap sama. Yang berubah hanya waktu bermain dan sistem peringkingan head to head.