Berpisah dengan Timnas U-19 di Korea, Begini Pesan Menyentuh STY
senior dan kelompok umur, Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Timnas U-19 telah kembali ke tanah air usai mengikuti serangkaian pemusatan latihan dan uji coba di Korea Selatan. Namun tidak semua pemain diperbolehkan pulang karena 5 di antara mereka harus tetap berada di Korea. Shin Tae-Yong meminta ke-lima nama tersebut untuk bergabung bersama Timnas U-23 guna menyambut .

menggantikan posisi yang sudah dilakukan juniornya. Dalam rangka yang berbeda, mereka melakukan pemusatan latihan di tempat yang sama.

Timnas Indonesia U-19 memiliki agenda penting yakni mengikuti event Piala Dunia U-20 tahun depan. Sedangkan Timnas U-23, TC di Korea adalah persiapan jelang SEA Games yang waktunya sudah sangat dekat.

Dalam perpisahannya dengan kemarin, Shin Tae-Yong memberikan petuah penting untuk Kwateh dkk.

“Menurut saya kalian mendapat pengalaman baik selama pemusatan latihan di Korea Selatan,” pesan Shin Tae-Yong.

“Dalam sepak bola, paling penting itu dasar. Banyak pemain lihat jauh ke depan tanpa sadar dasar,” jelasnya lagi.

Shin Tae-Yong menekankan kembali terkait fisik pada anak asuhnya. Di sela-sela perpisahan tersebut, Shin Tae-Yong memberikan pandangan bagaimana fisik seorang pemain yang baik.

“Kalau mau jadi pemain bagus harus ada fisik. Ketika fisik baik, siapapun lawan kita tidak takut. Kalau tidak ada fisik, 1-2 kali beberapa menit main bagus, tetapi sepak bola 90 menit bukan 10 menit,” ungkap coach Shin.

Shin Tae-Yong lalu memberikan pesan menyentuh pada anak asuhnya tersebut. Ia ingin anak asuhnya setibanya di Indonesia nanti, tetap menerapkan pola hidup termasuk makanan yang biasa mereka konsumsi. Ia juga meminta anak asuhnya tetap bersemangat dan jangan mudah menyerah.

“Jangan menyerah, usaha maksimal. Setelah kembali ke Indonesia makan yang baik juga,” tutup Shin Tae-Yong.

Usai dari Korea Selatan, Timnas U-19 akan kembali menjalani latihan lanjutan guna menyambut event di Prancis. Mereka akan mendapatkan jatah istirahat selama satu bulan kemudian akan kembali berlatih pada pertengahan bulan depan.

“15 Mei akan ada pemusatan latihan. Menurut saya, mereka mendapatkan pengalaman yang baik selama pemusatan latihan di Korea Selatan,” ujar mantan pelatih itu.