Berkat Tangan Aji Santoso, Persebaya Rutin Kirim Pemainnya ke Timnas Indonesia

NOBARTV NEWS – Aji Santoso merupakan satu pelatih yang sudah melanglang buana di kancah sepak bola Indonesia. Selama karir kepelatihannya, Aji lebih banyak menangani tim asal Jawa. Ia juga pernah menjadi pelatih Indonesia U-23.

Di awal karir kepelatihannya, Aji menangani Timnas Indonesia U-17 pada tahun 2005. Sejak tahun 2005 hingga tahun ini, Aji telah menangani lebih dari 7 tim. Terakhir, Aji menjadi pelatih terhitung sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Musim lalu, Aji membawa Persebaya Surabaya finis di peringkat ke-5 klasemen akhir BRI . Ia berada tepat di bawah tim Jawa Timur lainnya, Arema FC.

Pelatih yang pernah menjadi bagian skuad Timnas Indonesia ini dikenal cerdik dalam mengisi komposisi skuadnya. Bahkan, salah satu pelatih klub BRI Liga 1, yakni Javier Rocca cukup terkejut dengan hasil akhir BRI Liga 1. Ia tidak menyangka, Persebaya Surabaya dengan permainan atraktif dan memukau seperti itu justru berada di peringkat lima. Ia membayangkan Ferdinan dkk finis di urutan dua atau bahkan keluar sebagai .

“Saya heran mengapa mereka tidak berada di peringkat satu atau peringkat dua, dengan semangat seperti itu, mereka layak mendapat hasil yang lebih bagus,” jelas Javier Rocca yang merupakan pelatih Persik Kediri itu.

“Persebaya adalah tim terbaik di Liga 1 secara permainan, mereka layak ada di tiga besar, permainan mereka sangat cantik, dan efektif,” ungkap salah satu pemain Persik, Arthur Irawan.

Berkat penampilan anak asuhnya yang cukup memukau bersama klubnya, banyak di antara mereka yang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Dipanggilnya nama-nama tersebut tak lepas dari pengaruh dan cara melatih Aji di Persebaya. Sebagai contoh kecil, ketika tahun lalu, Persebaya menyumbang nama Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, , dan sang kiper Ernando Ari. Jumlah tersebut jadi yang terbanyak di antara klub lainnya.

Dan di SEA Games mendatang, Persebaya kembali menyumbang 5 nama baru – bahkan, dua di antaranya berposisi sama.

Mereka adalah Rizky Ridho, , Marselino Ferdinan, Ernando Ari, dan Andhika Ramadhani. Dua nama terakhir sama-sama berposisi sebagai penjaga gawang.