Bantai Nepal 7 - 0, Timnas Indonesia Naik Tiga Tingkat di Rangking FIFA!
, Pratama , dan Witan Sulaeman

NOBARTV NEWS – Berkat kemenangan meyakinkan di laga terakhir 2023 melawan , posisi Timnas di rangking FIFA mengalami peningkatan yang cukup pesat. Timnas naik tiga tingkat dari peringkat 158 FIFA menjadi 155.

Hasil tersebut tidak berasal dari rangking FIFA secara resmi. Sebab FIFA sendiri melakukan pengupdate-an secara berkala. Namun dengan hitung-hitungan selama mengikuti kemarin, hampir dipastikan kini telah berada di posisi ke-155.

Jadi, Shin Tae-Yong tinggal memaksimalkan laga-laga penting Indonesia sebelum berganti tahun ke tahun 2023. Sebab di awal tahun lalu, PSSI memberikan target kepada Shin Tae-Yong agar skuad Garuda finis di urutan 150 besar hingga akhir tahun ini.

Kemenangan atas pada dini hari tadi membuat mendapatkan 11,31 poin tambahan. Hingga akhirnya, poin saat ini tembus menjadi 1019.10 poin.

Dilansir dari Okezone, “Timnas Indonesia melewati tiga tim di . Mereka adalah Timnas , Maladewa, dan Taiwan.”

Berita Terkait:  Begini Momen Kedatangan Rumakiek di Jakarta, Siap Bela Timnas di SEA Games Mendatang

secara berturut-turut takluk dari tiga tim di Kualifikasi Piala Asia 2023. Masing-masing dari Timnas , Kirgiztan, dan Singapura.

Untuk Timnas Taiwan, anak asuh Vom Ca-nhum itu tidak menjalani laga-laga penting seperti FIFA Matchday dan juga tidak turut serta di Kualifikasi Piala Asia 2023. Sehingga poin mereka akhirnya disalip oleh Timnas Indonesia.

Adapun Timnas Maladewa, kemenangan mereka atas Sri Lanka di partai puncak grup C Kualifikasi Piala Asia 2023 tidak dapat menghindari diri mereka dari kudeta Timnas Indonesia. Sehingga dengan resmi, Indonesia mengkudeta tiga tim tersebut dari rangking FIFA.

Progres positif yang ditunjukkan anak asuh Shin Tae-Yong ini menjadi sinyal positif untuk masa depan Timnas Indonesia.

Masih ingat dengan peringkat Indonesia pada tahun 2021 lalu?

Saat itu, Timnas Indonesia masih berada di posisi ke-175 FIFA. Namun secara pelan, sedikit demi sedikit, pada akhirnya Timnas Indonesia berada di posisi ke-155. Namun tidak sekadar peringkat semata, akan tetapi Timnas Indonesia juga pada akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 setelah absen selama 17 tahun lamanya.

Berita Terkait:  Tumbangkan Selandia Baru, Kosta Rika Kunci Tiket Terakhir Piala Dunia Qatar 2022

Lalu, siapa otak di balik kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia dan perbaikan peringkat dkk di rangking FIFA? Bukan kita, bukan federasi kita, melainkan sosok pria 50-an tahun asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong. Kamshamida, Ahjussi!