Anggap Sepakbola Asia Selatan Tak Berkualitas, India Ingin Gantikan Indonesia di AFF
Pemain

NOBARTV NEWS – Rencana PSSI untuk pindah federasi dari AFF ke EAFF disambar oleh Federasi (AIF). AIF mengaku siap menggantikan posisi Indonesia di AFF. Yang lebih menggelitik, AIF merasa kompetisi di negaranya ( Selatan) tak sebaik kompetisi di Tenggara.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku akan melakukan rapat lanjutan terkait desakan dari beberapa pihak terkait perpindahan federasi Indonesia.

Masih menurut Iriawan, Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF) disebut menerima niatan Indonesia untuk bergabung dengan mereka. Bahkan, Iriawan akan membahas hal ini dengan Exco PSSI seperti Hasani Abdulgani dan lainnya.

“Tentu saja, kami masih membahasnya secara menyeluruh. Terima kasih kepada para penggemar atas sarannya. Ini adalah bukti kecintaan masyarakat Indonesia terhadap sepakbola,” ujar Iriawan beberapa waktu lalu.

“Namun, kami masih harus berdiskusi dengan hati-hati. Karena keputusan untuk meninggalkan AFF dapat berdampak besar pada sepak bola Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Keinginan untuk bergabung bukan kali ini saja. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari indosport.com, telah berkomunikasi dengan AFF sejak beberapa tahun yang lalu. AIF berharap dengan pindahnya ke AFF, maka kualitas sepak bola mereka bisa meningkat dari sebelumnya.

Berita Terkait:  Ukir Sejarah di Piala Toulun, Dzenan Radoncic Layak Gantikan STY di Timnas U-19

“Tujuan kami [pindah ke AFF] adalah agar tim nasional kami memiliki kompetisi yang berkualitas untuk diikuti,” ujar Sekretaris Jenderal AIF, Kushal Das.

“AFF memberikan reaksi yang sangat positif, tetapi kami juga terjebak dengan situasi pandemi COVID-19,” ujarnya menambahkan.

Kushal menyebut dengan bergabungnya India, maka kompetisi AFF seperti akan lebih menarik untuk diikuti. Kompetisi tersebut akan lebih segar dengan kehadiran negara yang saat ini berada di peringkat 104 dunia tersebut.

“Dengan mengundang India yang sekuat Asia Tenggara akan membawa banyak kesegaran di Piala AFF.”

“Ini akan berdampak banyak karena menciptakan daya tarik yang tinggi di India jika keputusan (mengizinkan India bergabung dengan AFF) dapat tercapai,” tutup Kushal Das.

Untuk diketahui, negara-negara yang tergabung di federasi sepakbola Asia Selatan (SAFF) selain India adalah , Bhutan, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

India menjadi tim tersukses dengan menjuarai 7 gelar sepanjang turnamen Piala SAFF dihelat.