Alasan STY Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Event sepak bola terbesar di benua Asia yakni Piala Asia 2023 dihelat kurang dari satu tahun lagi. Namun lokasi pertandingan belum dipastikan usai China memutuskan diri untuk mundur sebagai tuan rumah imbas pandemi covid-19.

Beberapa telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Australia, Jepang, Qatar, dan adalah daftar yang telah mengajukan diri menggantikan China.

Akan tetapi, baru-baru ini, Ketua Umum , Mochamad Iriawan mengumumkan jika Indonesia secara resmi telah berkirim surat ke AFC. Ternyata, Indonesia ikut mengajukan diri sebagai tuan rumah dalam ajang tersebut. Iriawan mengklaim jika pemerintah Indonesia – hingga Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyetujui permohonan itu.

Tahun depan, Indonesia juga bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang .

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” ujar Mochamad Iriawan dilansir dari situs resmi .

Berita Terkait:  Drama Timnas Indonesia : Dijunjung Tinggi, Disepelekan, Lalu Berakhir dengan Mengagumkan

AFC menyambut baik rencana PSSI – mereka bahkan telah meminta PSSI untuk mengirim persyaratan untuk menjadi tuan rumah nanti.

“Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,” ujar Iriawan menambahkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga, menyetujui permohonan PSSI tersebut. Bahkan, menurut Amali, Presiden RI, Joko Widodo mendukung keputusan tersebut.

“Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri,” papar .

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong turut berkomentar. Menurutnya, Indonesia harus bertindak sebagai tuan rumah. Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh tim tuan rumah. satunya adalah ia akan ditempatkan di pot A – yang di mana, di sana akan diisi oleh tim-tim kuat dengan peringkat terbaik .

Jika Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah, maka asuhan Shin Tae-Yong itu akan ditempatkan bersama , Jepang, hingga Iran. Dengan demikian, maka Indonesia dipastikan tidak akan segrup dengan tim-tim kuat tersebut di babak pembagian grup.

Berita Terkait:  Arhan Tiba di Jepang, KBRI Hingga Tokyo Verdy Sambut Kedatangannya

“Kalau menurut saya Indonesia harus menjadi tuan rumah. Piala Asia turnamen mayor, harus menjadi tuan rumah. Dengan menjadi host diharapkan infrastrukturnya menjadi lebih baik juga, usia dini juga pasti menjadi berkembang karena perbaikan infrastruktur ini,” papar pelatih asal itu.