Alasan Shin Tae-yong Ingin Timnas U-19 TC di Belanda
STY

NOBARTV NEWS – Ketua Umum , Mochamad Iriawan mengungkapkan lokasi yang akan dijadikan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia pada bulan September mendatang. Menurut penuturannya, sang pelatih meminta agar Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Eropa – tepatnya di Belanda.

Pemusatan latihan ini digelar sebelum Timnas Indonesia bertarung di U-20 yang akan dihelat di Indonesia. Timnas Indonesia tergabung di bersama Timnas , Timor-Leste, dan Hongkong.

Terkait pelaksanaan pemusatan latihan yang telah disebutkan tadi, Shin Tae-Yong memiliki alasan khusus memilih Belanda sebagai lokasi latihan. Padahal, STY memiliki opsi beberapa negara lain untuk dijadikan tempat pemusatan latihan. Seperti hingga Portugal.

Sebagaimana diketahui, Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki keturunan Indonesia paling banyak. Bahkan, dua dari tiga pemain naturalisasi untuk Timnas senior berasal dari sana. Kedua pemain yang dimaksud adalah Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Meski kedua pemain tersebut tidak bermain di klub Belanda, namun keduanya memiliki darah campuran Indonesia – Belanda.

Berita Terkait:  SEA Games 2021 : STY Ungkap Penyebab Indonesia Dipermalukan Vietnam

Begitupun dengan tiga pemain muda keturunan yang sempat mendapatkan panggilan dari untuk mengikuti pemusatan latihan jelang bergulirnya Piala beberapa waktu lalu. Saat itu, Max Christoffel, Kai Boham, dan Jim Croque bergabung dengan Marselino Ferdinan dkk di pemusatan latihan Timnas .

Alasan itulah yang menjadi dasar STY ingin anak asuhnya berlatih di sana. Coach Shin ingin mencoba sebanyak mungkin pemain muda keturunan untuk diuji coba sebelum Piala Dunia U-20 2023.

“Kami sedang memilih, apakah , Portugal, atau Belanda,” ujar Ketua Umum , Mochamad Iriawan.

“Kenapa ke Belanda? Karena dari pengajuan Shin Tae-yong, kan pemain keturunan itu banyak di Belanda semua,” ujarnya menambahkan.

Meski STY memilih Belanda, namun keputusan belum diambil sebab PSSI dan Coach Shin sendiri akan kembali melakukan rapat lanjutan sebelum ia pulang kampung ke Korea Selatan.

“Sebelum pulang Shin Tae-yong akan rapat dengan kami. Jadi ini masih dalam rapat.”

“Jadi nanti supaya Shin Tae-yong juga melihat pemain yang akan diambil, bukan pemain ke sini. Kami juga akan latihan di sana dengan tim kuat,” tutup Iriawan.

Berita Terkait:  SEA Games 2021 : Shin Tae-Yong Kantongi Cara Kalahkan Timnas Timor Leste