Akun Instagram EAFF Sapa Penggemar Asal Indonesia, Kode Pindah Federasi?
Shin Tae-Yong ketika menangani Timnas di Piala 2017

NOBARTV NEWS – PSSI diminta netizen untuk keluar dari federasi sepakbola Asia Tenggara atau AFF. Netizen ingin PSSI bergabung dengan – atau federasi sepakbola Asia Timur. Entah disengaja atau tidak, akun instagram resmi menyapa netizen Indonesia di saat tuntutan dari netizen itu menggema.

Tuntutan netizen bermula ketika Timnas dicurangi dalam ajang Piala AFF . Sebagaimana diketahui, ‘dipaksa’ gugur dalam ajang tersebut karena ada main mata antara Timnas Thailand dan Vietnam di laga terakhir A. Andaikata Timnas Vietnam dan Thailand bermain serius – meski hasil akhir tetap memaksa Indonesia gugur, netizen tidak akan kecewa dengan hasil tersebut.

Namun kenyataannya, Thailand dan Vietnam bermain imbang 1 – 1 dan tidak saling serang ketika pertandingan belum selesai. Mereka tahu dan sengaja bermain aman dengan hasil tersebut demi meloloskan diri ke babak semifinal. Keduanya lolos, Indonesia gugur karena kalah head to head.

Berita Terkait:  Timnas U-23 Hancurkan Filipina, Timnas Vietnam Disebut Ketakutan!

Sejauh ini, PSSI telah mengirim surat pernyataan keberatan kepada AFF terkait laga antara Thailand dan Vietnam. Namun sejauh ini pula, AFF belum memberikan keputusan terkait aduan PSSI itu.

Adapun Timnas Thailand dan Vietnam, yang lolos ke babak semifinal baru saja mengalami kekalahan dari lawan-lawannya. Thailand digilas Laos 2 – 0 dan Vietnam dipermalukan 3 – 0. Keduanya pun akan dipertemukan lagi di perebutan tempat ketiga.

“Halo pengikut baru kami dari Indonesia!” tulis akun instagram resmi EAFF, @eaff_official.

Unggahan tersebut diramaikan oleh netizen Indonesia. Beberapa netizen berharap PSSI bergabung dengan federasi yang di dalamnya diisi oleh tim kuat seperti Jepang hingga itu.

“Indonesia #OutAFF to join #EAFF,” tulis netizen atas nama Rangga Saputra.

Netizen lainnya atas nama Siska N menulis, “Invite Indonesia to join EAFF please!”

“Udah saatnya PSSI sikap tegas ke AFF! Keluar dari AFF, dan cari federasi lain seperti EAFF. Lebih berkualitas krna ada Jepang sama Korsel di situ,” tulis netizen lainnya.

Berita Terkait:  Permalukan Kuwait, Media Malaysia Sanjung Habis Performa Timnas Indonesia

Terkait tuntutan netizen ini, PSSI lewat Ketua Umumnya, Mochamad Iriawan pernah membicarakannya.

“Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,” ujar Iriawan beberapa waktu lalu.

Untuk pindah federasi, bisa dibilang mustahil. Namun jika PSSI benar pindah ke federasi tersebut (EAFF), maka secara kualitas, sepak bola Indonesia bisa berkembang pesat karena akan sering melawan tim-tim yang jauh berkualitas.

Selain Jepang dan , Republik Rakyat (RRC), Mongolia, Macau, Korea Utara, Kepulauan Mariana Utara, Hongkong, Guam, dan China Taipei juga masuk dalam anggota EAFF.