AFC Umumkan 4 Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023, Indonesia Salah Satunya!
Selebrasi gol Timnas usai membobol gawang di 2023

NOBARTV NEWS – Keinginan PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 bukan sekadar isapan jempol semata. Melalui rilis resminya, AFC telah mengumumkan 4 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023.

Sebelumnya, ditunjuk sebagai tuan rumah dalam event sepak bola terbesar seantero Asia ini. Akan tetapi, dikarenakan covid-19 yang melanda semakin besar, maka federasi sepakbola (CFA) mengumumkan diri mundur sebagai tuan rumah.

Beberapa negara lain mengajukan diri. Antara lain , Qatar, hingga Australia. PSSI tidak tinggal diam. Meski saat itu Timnas belum ‘dipastikan’ lolos ke Piala Asia (karena belum mengikuti babak kualifikasi), PSSI pede mencalonkan diri sebagai pengganti tuan rumah sebelumnya.

Namun, syarat utama yang harus dipenuhi jika ingin menjadi tuan rumah adalah negara tersebut sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia. Beruntungnya, Timnas akhirnya lolos usai finis sebagai salah satu peringkat dua terbaik 2023. Timnas berhasil menyingkirkan Kuwait dan Nepal di grup yang ditempatinya. Bahkan, skuad asuhan Tae-Yong hanya kalah satu kali dari pemuncak klasemen , selama babak kualifikasi tersebut.

Berita Terkait:  Jordi Amat Komentari Permainan Timnas U-23 di Ajang SEA Games 2022

Lewat laman resminya, AFC mengumumkan, “Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menerima Expressions of Interest (EoI) dari empat Asosiasi Anggota AFC untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023.”

Keempat negara yang dimaksud adalah Indonesia, Qatar, Australia, dan .

Kemudian, AFC telah mengirimkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon tuan rumah. PSSI sendiri telah menerima surat dari AFC tersebut dan dokumen tersebut harus diserahkan kembali ke AFC paling lambat pada tanggal 31 Agustus 2022.

Adapun pengumuman terkait negara mana yang berhak menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 akan dirilis AFC pada 17 Oktober 2022.

Sebelumnya, PSSI lewat Ketua Umumnya, menyambut baik rencana untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Kata Iriawan, Menpora hingga Presiden RI, Joko Widodo menyambut baik dan mendukung penuh rencana yang telah diajukan (tuan rumah Piala Asia) PSSI itu.

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” papar Iriawan beberapa waktu lalu.

Berita Terkait:  Pelatih Vietnam & Thailand Tepis Dugaan Match Fixing, Begini Bunyi Pembelaannya!

Piala Asia 2023 akan diikuti oleh 24 negara se-Asia. Menariknya, Asia Tenggara menyumbang 4 tim untuk event ini. Keempat negara tersebut adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.