5 Pemain Timnas U-19 Diajak Berlatih Jelang SEA Games 2021, Siapa Saja?
Andalan Timnas dan U-23, Marselino Ferdinan

NOBARTV NEWS telah mengirim 20 pemain untuk terbang ke Korea Selatan. Di sana, mereka akan mengikuti pemusatan latihan sekaligus melakoni dua laga uji coba.

Keberangkatan ke Korea Selatan guna mempersiapkan diri jelang event SEA Games 2021 mendatang. Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup A bersama tuan rumah , Filipina, Timor-Leste, dan Myanmar.

Pertemuan terakhir Indonesia dan Vietnam di SEA Games terjadi pada tahun 2019 lalu. Saat itu, keduanya dipertemukan di partai final. Sayang, dkk gagal mempersembahkan gelar untuk Timnas Indonesia. Mereka takluk dengan skor akhir 3 – 0. Saat itu, Filipina terpilih sebagai tuan rumah untuk ajang pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

Adapun Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan berangkat pada hari Jum’at, kemarin. Mereka akan bertukar posisi dengan Timnas Indonesia U-19 yang telah menyelesaikan pemusatan latihan, juga di Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 telah menjalani pemusatan latihan lumayan lama, terhitung sejak pertengahan bulan lalu. Mereka juga telah melakoni beberapa uji coba selama berada di Korea.

Beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 yang bermain baik selama pemusatan latihan kemarin diminta bertahan oleh Shin Tae-Yong. Bukan tanpa alasan, pelatih asal Korea Selatan itu kepincut dengan performa baik anak asuhnya tersebut.

Sebelumnya, hanya dua nama pemain Timnas Indonesia U-19 yang diminta untuk membela Timnas U-23 di SEA Games mendatang. Mereka adalah Marselino Ferdinan dan Kwateh.

Nama keduanya bahkan tercantum dalam daftar pemain Timnas U-23 yang dipanggil oleh PSSI beberapa waktu lalu. Namun ternyata, bukan mereka saja yang akan dipertahankan Shin Tae-Yong di Korea. Ada tiga nama baru yang dipromosikan Shin Tae-Yong ke Timnas U-23.

“Ada lima pemain timnas U-19 yang akan berlatih dengan┬áTimnas Indonesia U-23,” jelas asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto.

Lima pemain yang dimaksud adalah Kakang Rudianto, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Cahya Supriadi, dan Muhammad Ferrari. Ke-lima nama tersebut, meski masih berusia muda, diberikan kesempatan untuk melakukan debut bersama tim yang lebih senior.

Shin Tae-Yong memang terkenal dengan gaya melatihnya – yang lebih sering memberikan kepercayaannya kepada pemain muda. Hal itu juga terlihat di tahun lalu – di mana, Timnas Indonesia banyak diisi oleh pemain muda.

Selain ke-lima nama tersebut, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong juga berharap agar pemain yang saat ini membela klub luar negeri agar bergabung dengan tim.

Mereka adalah , Witan Sulaeman, Bahar, dan Pratama Arhan.

“Untuk kedatangan keempat pemain itu ke Timnas Indonesia U-23, nanti akan di-update,” tutup Nova Arianto.