5 Momen Terburuk STY Bersama Timnas Indonesia: Cekcok dengan Indra Sjafri Hingga Rumor Pemecatan dari PSSI
Tae-yong

NOBARTV NEWS – Selama di Indonesia, Coach Shin memang mendapatkan banyak dukungan dari suporter Indonesia. Namun, ada 5 momen di mana STY mengalami momen buruk ketika berada di Indonesia. Apa saja itu?

STY resmi melatih Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Dalam kurun waktu dua setengah tahun ini, pelatih asal ini belum pernah memberikan gelar bergengsi bagi Indonesia.

Bersama senior, Shin hanya mampu memberikan gelar runner-up 2020. Sedangkan bersama Indonesia U-23, ia membawa Marc Klok dkk meraih perunggu dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

Satu hal yang patut dan terus diingat yakni STY mampu membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia usai finis sebagai satu runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia 2023. Secara mengejutkan, Marc Klok dkk mengalahkan Timnas Kuwait 2 – 1 dan menang besar atas Nepal 7 – 0. Garuda Nusantara hanya kalah dari Yordania 1 – 0.

Di samping kejutan yang diberikan Shin bersama Timnas Indonesia, berikut 5 momen buruk Shin selama kurun waktu 2 setengah tahun ini.

Berita Terkait:  Exco PSSI: Kondisi Shin Tae-Yong Sama Seperti Luis Milla

1. Piala Dunia U-20 Dibatalkan

Seharusnya, ajang Piala Dunia U-20 diselenggarakan pada tahun 2021 kemarin. Sehingga Shin bergerak cepat dan melakukan berbagai pemusatan latihan yang satunya di negara Eropa yakni Kroasia.

Namun sayang, pekerjaan STY akhirnya sia-sia karena event tersebut ditunda.

2. Terpapar Covid-19

Shin Tae-yong sempat menderita covid-19 ketika berada di Jakarta. Saat itu, mantan pelatih Timnas ini dirawat di satu rumah sakit di Jakarta.

3. SEA Games 2021 Dibatalkan

SEA Games 2021 seharusnya dihelat pada tahun 2021. Sayang, event tersebut ditunda selama satu tahun menjadi tahun . Meski demikian, event yang dihelat di Vietnam tersebut tetap menggunakan nama yang sama yakni ‘SEA Games 2021’. Di event tersebut, STY hanya mampu mempersembahkan medali perunggu untuk Timnas Indonesia U-23.

4. Diserang oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Indra Sjafri

Indra sempat dibuat geram oleh statement STY di salah satu media Korea Selatan. Saat itu, coach Shin menyebut Indra sebagai sosok yang kurang ramah. Ia juga kurang setuju dengan jabatan sekertaris jenderal yang diemban Indra.

Berita Terkait:  Shin Tae-Yong Masuk Jajaran Pelatih Top yang Tak Pernah Dipecat

Hal itu membuat Indra marah kepadanya. Indra menyebut Shin Tae-Yong tengah berbohong.

5. Dirumorkan Akan Dipecat oleh PSSI

Ketika membersamai Timnas senior di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, PSSI membuat heboh karena sang ketua umum yakni Mochamad Iriawan menyebut akan mengganti posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Hal ini sangat mengganggu fokus sang pelatih yang saat itu dituntut membawa Indonesia berlaga di Piala Asia 2023.

Beruntungnya, meski fokus sedikit terganggu, Coach Shin mampu membawa Marc Klok dkk mentas di Piala Asia 2023 setelah finis sebagai salah satu runner-up terbaik.