4 Kerugian AFF Jika Indonesia Keluar dari Federasi
Timnas Indonesia usai bertanding di partai 2020

NOBARTV NEWS – Kehadiran Timnas Indonesia di turnamen selalu dinanti-nanti. Sebab Timnas Indonesia memiliki basis suporter yang jauh lebih militan dari tim-tim lain di Tenggara. Bahkan, turnamen diprediksi tidak akan semenarik biasanya jika memutuskan hengkang dari federasi ini.

Dengan ratusan juta penduduk dan mayoritas dari mereka merupakan penggemar sepak bola, negara yang terdiri dari puluhan ribu pulau ini tak akan pernah kehabisan penikmatnya. Sepak bola mendarah daging di kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Olahraga ini dilombakan di sekolah bahkan di sela-sela perayaan hajatan masyarakat.

Jadi jangan heran ketika turnamen mini diadakan di Indonesia tetapi stadionnya tetap membludak. Hal itu karena antusiasme masyarakat terhadap olahraga ini sangat tinggi. Sangat berbeda dengan negara lain – yang di mana akan didatangi penikmat sepakbola hanya ketika pertandingan antara tim elit saja. Contoh kecil ketika yang baru saja berakhir. Bertindak sebagai tuan rumah, suporter Timnas Indonesia selalu hadir di pinggir lapangan. Bahkan, di akhir tahun ini, AFF kembali memercayakan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Berita Terkait:  Tanpa Lakoni Laga FIFA Matchday, Rangking Indonesia Naik 1 Peringkat

Maka, akan sangat merugi AFF jika Indonesia memutuskan untuk pindah federasi. Setidaknya, ada empat kerugian yang akan diterima AFF jika Indonesia memutuskan pergi dari federasi (AFF) ini. Apa saja itu? Berikut poin-poinnya.

1. Kehilangan Sumber ‘Cuan’

Kehadiran penonton membuat AFF mendapatkan pundi-pundi pendapatan dari penjualan tiket. Seperti yang sudah disebutkan, penonton Indonesia sangat antusias dengan turnamen antar negara Tenggara ini – meski yang bertanding merupakan timnas kelompok umur.

2. Hilangnya Pemberitaan yang Menakjubkan

Media-media Indonesia tidak akan kehilangan sumber berita ketika event ini diselenggarakan. Secara rutin, media asal Indonesia selalu mengabarkan berita terkait pertandingan .

Pemberitaan media ini bisa menjadi nilai tambah bagi AFF karena mereka mendapatkan exposure secara cuma-cuma.

3. Sepakbola Tenggara Diam di Tempat

Indonesia menjadi satu dari empat tim yang paling diperhitungkan di Asia Tenggara. Jika Indonesia hengkang, maka persaingan antar tim hanya berputar pada 3 tim saja yakni Timnas , , dan .

Hal ini menjadikan sepak bola Asia Tenggara diam di tempat karena pesaing yang tengah naik daun ini akan hengkang ke federasi lain.

Berita Terkait:  Bermain Jelek di Ansan Greeners, Posisi Asnawi Terancam dari Skuad Timnas Indonesia

4. AFF Tidak Menarik untuk Diperbincangkan Lagi

Meski diisi oleh tim-tim yang tidak begitu terkenal, namun euforia Piala AFF selalu dinanti oleh penikmatnya. Bahkan, Piala AFF lebih menarik untuk dibahas daripada Piala yang diisi oleh tim seperti Jepang atau Korea Selatan.

Absennya Timnas Indonesia akan membuat AFF suram dan tidak semenarik biasanya.

Itulah empat poin yang bakal diterima AFF jika Indonesia pergi dari federasi tersebut. Jika boleh berandai-andai, federasi mana yang cocok untuk diikuti oleh dan Timnas Indonesia?