4 Faktor Ini Bikin Timnas Indonesia Diunggulkan Keluar sebagai Juara Piala AFF U-19

NOBARTV NEWS – Timnas U-19 bertindak sebagai tuan rumah dalam ajang Piala AFF U-19. Skuad Garuda muda tergabung di grup A bersama , Myanmar, Vietnam, , Timor Leste, dan Filipina.

Meski tergabung di grup neraka, Timnas U-19 diyakini tetap keluar sebagai . Berbagai faktor pendukung menjadi alasannya. Apa saja? Berikut poin-poinnya :

1. Berstatus sebagai Tuan Rumah

Garuda muda diunggulkan dengan status mereka sebagai tuan rumah. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh dkk. Berlokasi di dua tempat (Bekasi dan Jakarta), U-19 diharapkan tampil menggila di hadapan puluhan ribu suporternya.

Shin Tae-Yong sendiri menargetkan gelar juara karena status (tuan rumah) tersebut.

2. Persiapan yang Sangat Maksimal

Perlu diketahui bahwa Timnas U-19 baru saja pulang dari Prancis jelang bergulirnya Piala AFF U-19 tahun ini. Di sana (Prancis), Timnas U-19 mengikuti 2022.

Sebelum itu (Piala Toulun), Timnas U-19 juga mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan. Di Korea Selatan, para Garuda muda melakoni beberapa laga uji coba melawan tim universitas dan juga klub muda lokal setempat.

3. Diisi oleh Pemain Berpengalaman

Di skuad Timnas Indonesia U-19 saat ini, terdapat dua pemain muda paling menonjol. Mereka adalah Ronaldo Kwateh dan Ferdinan.

Keduanya termasuk dalam skuad Timnas Indonesia yang mentas di ajang SEA Games 2021 kemarin. Di event tersebut, Timnas U-23 mampu merengkuh posisi ketiga setelah menang atas Timnas Malaysia lewat adu penalti.

Menariknya, ke-duanya turut memberikan kontribusi berupa gol selama pagelaran SEA Games tersebut. Namun yang paling membanggakan adalah ketika Kualifikasi Piala beberapa hari yang lalu. Marselino Ferdinan diikutsertakan oleh Shin Tae-Yong dalam babak kualifikasi tersebut. Marselino bahkan membuat gol indah tatkala melakoni laga terakhir di fase grup melawan Timnas Nepal.

Gol Marselino menjadikan ia sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Kualifikasi Piala Asia.

Pengalaman keduanya akan semakin mendorong Timnas Indonesia U-19 untuk meraih gelar di Piala AFF nanti.

4. Faktor Shin Tae-Yong

Keberhasilan timnas senior untuk mentas di Piala Asia 2023 tak lepas dari racikan sang pelatih, Shin Tae-Yong.

Racikan tersebut akan kembali ia terapkan untuk skuad Timnas U-19 nanti. Terlebih, di pemusatan latihan Timnas Indonesia di Korea Selatan kemarin, Shin Tae-Yong membersamai mereka sepanjang laga dan latihan. Shin tahu betul di mana letak kelebihan serta kekurangan anak asuhnya.

Empat faktor di atas menjadi alasan utama Timnas Indonesia U-19 akan kembali merengkuh gelar yang didapatkannya pada 2013 silam. Semoga Timnas U-19 mendapatkan gelar sesuai harapan dan keinginan masyarakat Indonesia.